Dirjen Pas: 106 Tahanan Terpapar Corona di Lapas Sungguminasa Sulsel

Yulida Medistiara - detikNews
Senin, 29 Jun 2020 18:54 WIB
Dirjen Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Irjen Pol Reynhard Saut Poltak Silitonga memberikan keterangan pers terkait pemindahan 41 napi narkoba ke Nusakambangan, Jumat (5/6/2020). Jumpa pers digelar di Dermaga Wijayapura Cilacap, Jumat (5/6/2020).
Direktur Jenderal Permasyarakatan Reynhard Silitonga (Arbi Anugrah/detikcom)
Jakarta -

Direktur Jenderal Permasyarakatan (Dirjen Pas) Reynhard Silitonga mengatakan saat ini ada 106 tahanan terpapar virus Corona (COVID-19) di Lapas Sungguminasa, Sulawesi Selatan (Sulsel). Dia mengatakan saat ini virus Corona sudah mulai masuk ke dalam rutan hingga lapas.

"Menyampaikan bahwa ada penyakit itu (Corona) sudah sampai di rutan (atau lapas). Jumlahnya pun lebih dari itu. Sekarang itu di Sungguminasa itu sudah 106 (narapidana terpapar-red)," kata Reynhard, dalam webinar bertajuk Kebijakan Pembebasan Narapidana, yang disiarkan di YouTube Mahupiki Indonesia, Senin (29/6/2020).

Selain itu, Reynhard menyebut 35 tahanan di Rutan Pondok Bambu juga tertular virus Corona. Dia menambahkan sebagian besar tahanan di Rutan Pondok Bambu dinyatakan sudah sembuh.

"Kemudian di Rutan Pondok Bambu itu juga sudah dari 35 orang, ini sekarang sudah sembuh. Di Wisma Atlet sisa 6 masih dirawat," ungkapnya.

Ia mengungkapkan untuk mencegah penularan Corona meluas di lapas, Kemenkum HAM melakukan program asimilasi dan integrasi bagi narapidana yang memenuhi persyaratan. Ia mengatakan meski saat ini di tahanan sudah dijalankan protokol kesehatan, tetapi tak menutup kemungkinan ada petugas atau warga binaan yang terpapar Corona.

Selanjutnya
Halaman
1 2