Benny Tjokro Dipolisikan Gegara Tuduh Pimpinan BPK Lindungi Kelompok Tertentu

Wilda Nufus - detikNews
Senin, 29 Jun 2020 18:16 WIB
BPK Laporkan Terdakwa Benny Tjokro ke Bareskrim
BPK Laporkan Terdakwa Benny Tjokro ke Bareskrim (Foto: Dok.istimewa)
Jakarta -

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melaporkan terdakwa skandal Jiwasraya, Komisaris PT Hanson International Benny Tjokrosaputro (Bentjok) ke Bareskrim Polri. Bentjok dilaporkan karena menuduh pimpinan BPK melindungi kelompok tertentu dalam skandal Jiwasraya.

"Kami melaporkan ke Bareskrim saudara Benny Tjokro atas tindakan pencemaran nama baik ya seperti itu sehingga tidak kemudian apa yang dilakukan tadi sudah kami jelaskan bahwa konstruksi hukumnya tersangka posisi kami tadi sudah jelas dan oleh karena itu pula maka clear dan jelas bahwa yang dilakukan Benny Tjokro itu adalah pencemaran nama fitnah dan pencemaran nama baik," kata Ketua BPK Agung Firman Saputra kepada wartawan di Mabes Polri, Jalan Trunojoyo, Jakarta Selatan, Senin (29/6/2020).

Laporan tersebut tetuang dalam LP/B/0347/VI/2020/Bareskrim Pasal 207 KUHP, Pasal 310 KUHP dan Pasal 311 KUHP. Agung mengungkapkan pencemaran nama baik yang dituduhkan terkait pernyataan Benny Tjokro yang menyebut ketua BPK dan wakil ketua BPK melindungi kelompok tertentu dalam skandal Jiwasraya.

"Pencemaran nama baik yang menyatakan bahwasanya ketua dan wakil ketua BPK melindungi kelompok tertentu di dalam perhitungan kerugian negara terkait Jiwasraya," katanya.