Jokowi Minta Terobosan Tak Datar-datar Saja, Ini Kata Gugus Tugas COVID-19

Tim detikcom - detikNews
Senin, 29 Jun 2020 14:27 WIB
Surabaya - Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Pusat akan membantu penanganan kasus Corona di Jatim. Khususnya di 7 wilayah yang masuk zona merah.
Letjen Doni Monardo (Faiq Azmi/detikcom)
Jakarta -

Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta adanya terobosan penanganan virus Corona yang tak datar-datar saja. Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 akan melakukan langkah integrasi.

"Langkah integrasi. Seluruh komponen ini betul-betul harus menjadi satu bagian," kata Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo usai ratas bersama Presiden Jokowi, Senin (29/6/2020).

Doni mengatakan, melalui langkah integrasi itu, Gugus Tugas akan terdiri dari seluruh komponen masyarakat. Dengan demikian, kebijakan yang dikeluarkan pemerintah akan selalu disambut positif oleh masyarakat.

"Gugus Tugas provinsi, Gugus Tugas kabupaten, kota harus diisi oleh seluruh elemen masyarakat, sehingga kebijakan yang dikeluarkan pimpinan daerah itu disambut positif, terutama yang berhubungan dengan upaya pencegahan, upaya peningkatan disiplin. Kampanye penggunaan masker," tuturnya.

"Bapak Presiden waktu kunjungan ke Jawa Timur kemarin menugaskan Gugus Tugas dan Kemenkes untuk memproduksi lebih banyak masker dan dibagikan kepada masyarakat. Apabila di tiap posko unsur bisa lengkap dan semua bisa memberikan dukungan, ini bisa membantu sehingga masyarakat bisa mematuhi imbauan yang disampaikan," sambung Doni.

Selain itu, kata Doni, penggunaan bahasa daerah sangat diperlukan. Dengan bahasa daerah, diharapkan masyarakat dapat lebih memahami kebijakan yang ada.

"Sekali lagi, penggunaan bahasa daerah dan istilah yang tepat sangat diperlukan sekali," ujarnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2