Memasuki Musim Kemarau, Lahan Gambut di Pelalawan Riau Terbakar

Chaidir Anwar Tanjung - detikNews
Senin, 29 Jun 2020 09:39 WIB
Kebakaran lahan gambut di Pelalawan, Riau (Foto: tangkapan layar video)
Foto: Kebakaran lahan gambut di Pelalawan, Riau (Foto: tangkapan layar video)
Pekanbaru -

Memasuki awal musim kemarau, kasus kebakaran hutan dan lahan (karhutla) kembali terjadi di Riau. Sudah dua hari kawasan gambut yang terbakar belum bisa dipadamkan.

"Saat ini kebakaran cukup luas di lahan gambut di Kecamatan Bunut, Kabupaten Pelalawan, Riau," kata Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau, Edwar Sanger kepada detikcom, Senin (29/6/2020).

Edwar mengatakan lokasi kawasan yang terbakar ini di sekitar konsesi hutan tanaman industri (HTI) Sinarmas Grup. Saat ini, pihaknya tengah berupaya melakukan proses pemadaman.

"Lokasinya dekat dengan punya Sinarmas. Kemarin tim Satgas Karhutla sudah berusaha memadamkan sebagian," kata Edwar.

Edwar mengatakan, lokasi yang terbakar cukup luas. Karena itu, pemadaman sulit dilakukan. Namun, dia menegaskan pihaknya tetap berupaya untuk memadamkan agar kebakaran tidak semakin meluas.

"Satgas udara akan melakukan water bombing di lokasi. Pagi ini tim akan bergerak," ujarnya.

Apalagi, kata Edwar, kawasan yang terbakar merupakan lahan gambut. Kondisi ini menyulitkan dilakukan pemadaman karena bara api juga membakar di perut bumi.

"Kita upayakan penanganan secara maksimal. Dan lokasi kebakaran ini masih di titik yang sama pada tahun lalu," tutur Edwar.

(cha/mae)