Bukan Konser, Rhoma Irama Hadiri Undangan Acara Khitanan di Pamijahan Bogor

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Minggu, 28 Jun 2020 22:47 WIB
Rhoma Irama bernyanyi di acara khitanan di Bogor
Rhoma Irama jadi tamu undangan di acara khitanan di Bogor (Foto: Dok. Kasi Trantib Kec. Pamijahan, Hari Prihartono)
Jakarta -

Sebuah video viral di media sosial saat pedangdut Rhoma Irama tengah bernyanyi menghibur masyarakat di Pamijahan, Kabupaten Bogor. Pihak Kecamatan Pamijahan menyebut bahwa Rhoma Irama bernyanyi bukan dalam rangka menggelar konser.

Kepala Seksi Ketentraman dan Ketertiban Kecamatan Pamijahan, Hari Prihartono mengatakan Rhoma Irama menjadi tamu undangan dalam acara khitanan. Dia menyebut bahwa Rhoma Irama saat itu diminta untuk menyanyikan sebuah lagu oleh pemilik acara.

"Jadi bukan konser, dia (Rhoma Irama) hadir sebagai tamu undangan. Iya, karena kan kalau misalkan kita artis ni diundang sama pemilik acara pasti kita juga minta 'Kang, ambil atuh kang bawakeun hiji dua lagu mah' (Kang, bawakan 1-2 lagu dong), gitu," kata Hari, ketika dihubungi, Minggu (28/6/2020).

Hari menjelaskan Rhoma Irama datang ke acara khitanan anaknya Abah Surya di Pamijahan. Rhoma dan Abah Surya, lanjutnya, saling mengenal atau merupakan kerabat.

Selain Rhoma Irama, kata dia, acara yang digelar Abah Surya mengundang 150 tamu VVIP. Menurutnya, artis-artis seperti Rita Sugiarto, Lala Ardita, Yunita Ababil, dan Ridho Rhoma juga turut menjadi tamu undangan acara tersebut.

"Jadi gini, kalau panggung yang saya pertimbangkan awal itu hanya panggung sunatan saja, awalnya. Ternyata ada alat-alat musiknya. Tapi dalam hal ini performnya bukan personil Soneta," katanya.

Dia mengungkapkan Musyawarah Pimpinan Kecamatan (Muspika) Pamijahan tidak memberikan izin terkait acara tersebut. Polisi, lanjutnya, juga tidak memberikan izin keramaian.

Dia mengatakan Abah Surya, selaku pemilik acara berkomitmen penuh untuk menerapkan protokol kesehatan COVID-19. Hal ini, kata Hari, disampaikan Abah Surya ke Muspika Pamijahan.

"Masalah kerumunan warga, itu sangat mungkin terjadi. Namanya juga warga haus hiburan. Apalagi yang datang itu adalah artis-artis ibu kota, kan ya. Nah Abah Surya di awal itu sudah komitmen kepada kami 'Pak seandainya kegiatan tetap berlangsung kami akan menerapkan protokol kesehatan'. Tapi kan di saat ada kerumunan warga, kita nggak bisa mengawal semua warga sesuai dengan protokol," ucap dia.

(fas/fas)