Ridwan Kamil Izinkan Taman Safari Bogor Buka Lagi

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 27 Jun 2020 05:23 WIB
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengecek Taman Safari
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil saat meninjau Taman Safari Bogor (Foto: dok. istimewa)
Kabupaten Bogor -

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) mengizinkan Taman Safari Indonesia (TSI) Cisarua, Kabupaten Bogor dibuka kembali untuk umum. Taman Safari Bogor dinilainya telah menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

"Konservasi di Jawa Barat ini masuk dalam risiko rendah dan sedang, sehingga secara aturan sudah boleh dibuka. Saya inspeksi wisata konservasi seperti TSI di Cisarua ini, dan hasilnya saya temukan, ketaatan pada protokol (kesehatan)," ujar RK seperti dilansir Antara, Jumat (26/6/2020).

Untuk diketahui, Jawa Barat telah mencabut pembatasan sosial berskala besar (PSBB), kecuali wilayah Bogor, Depok, dan Bekasi (Bodebek). Kembali ke pembukaan Taman Safari, ada sejumlah alasan yang diungkap RK, di antaranya pemesanan tiket secara online yang dinilainya aman untuk mencegah penularan virus Corona.

"Jadi tidak ada lagi bersentuhan uang kas atau karcis. Itu bisa menjadi standar normal baru. Kedua, proses pengecekan berlapis saya kira itu sudah dilakukan," ujarnya.

RK mengatakan hanya pengunjung yang menggunakan mobil pribadi yang bisa masuk ke TSI, karena bus untuk pengunjung belum tersedia. Mantan Wali Kota Bandung itu juga mengapresiasi manajemen TSI yang tidak melakukan PHK terhadap para karyawannya.

"Terpenting juga saya apresiasi sudah melakukan tes COVID kepada seluruh karyawan. Sehingga ini masuk dalam rekomendasi yang boleh dilakukan pembukaan," tuturnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2