Protes Syarat Usia PPDB DKI, Ortu: Yang Tua Ikut Kejar Paket Saja

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Kamis, 25 Jun 2020 18:37 WIB
Pemprov DKI Jakarta mengeluarkan aturan penerimaan sekolah berdasarkan zonasi yang mengacu pada usia siswa. Aturan ini menuai sejumlah protes warga.
Protes terkait PPDB DKI Jakarta 2020 (Agung Pambudhy/detikcom)

Paulin menegaskan anak-anak yang sudah berusia tua tapi ingin masuk ke jenjang selanjutnya lebih baik melalui jalur paket agar tidak menyulitkan anak yang berusia muda.

"Nggak usah mereka ini masuk lagi untuk bikin pusing ini generasi yang muda ini, karena mereka kan usianya sudah tua. Jadi lebih baik mereka (masuk) Kejar Paket A, B, C. Itu kan bisa juga. Mereka juga lewat Paket A, B, C ini mereka juga selesai itu kan mereka bisa kerja," sambungnya.

Sebelumnya diberitakan, PPDB Jakarta menjadi polemik karena menerapkan batas usia sebagai dasar jalur zonasi. Imbasnya, ada siswa berusia 20 tahun yang mendaftar masuk SMA.

PPDB Jakarta jalur zonasi dibuka mulai hari ini hingga esok hari. Data tentang usia pendaftar ini tersedia di situs PPDB Jakarta dan diakses detikcom pada Kamis (25/6/2020) pukul 12.15 WIB.

Pendaftar tertua tercatat berusia 20 tahun 2 bulan 7 hari, yakni di SMA Negeri 111, jurusan IPS. Pendaftar tertua kedua tercatat berusia 20 tahun 2 bulan 2 hari, yakni di SMA Negeri 1 Jakarta, jurusan IPS. Pendaftar dengan umur tertua nomor 3 berusia 20 tahun 1 bulan 5 hari, di SMA Negeri 5, jurusan IPS.


(gbr/gbr)