Rencanakan Teror Toko Emas Bareng Abu Rara, Jack Sparrow Divonis 5 Tahun Bui

Zunita Putri - detikNews
Kamis, 25 Jun 2020 15:28 WIB
Sidang vonis Abu Rara (Foto: Zunita/detikcom)
Sidang vonis Abu Rara (Zunita/detikcom)
Jakarta -

Samsudin alias Ending alias Jack Sparrow divonis hakim dengan hukuman 5 tahun penjara. Jack Sparrow diyakini hakim bersalah melakukan pemufakatan jahat dan merencanakan sejumlah teror bersama Syahrial Alamsyah alias Abu Rara.

"Mengadili, menyatakan terdakwa Samsudin alias Ending alias Jack Sparrow alias Abu Basilan telah terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah melakukan tindak pidana terorisme sebagaimana dalam dakwaan ke satu," ujar hakim ketua Masrizal saat membacakan putusan di PN Jakbar, Jalan Letjend S Parman, Kamis (25/6/2020).

"Menjatuhkan pidana ke terdakwa dengan pidana penjara selama 5 tahun. Menetapkan masa penangkapan dan penahanan terdakwa dikurangi masa penetapan pidana terdakwa," sambungnya.

Hakim mengatakan Jack Sparrow bersama Abu Rara pernah melakukan rencana teror di toko emas. Rencana itu dibuat keduanya pada 2017, namun teror tersebut tidak terlaksana karena Abu Rara pindah tempat tinggal dan Jack Sparrow bekerja di daerah lain.

"Terdakwa mengatakan kalau mau amaliyah ada PT Semen Merah Putih, saksi Abu Rara kemudian mengiyakan 'ya bisa itu', terdakwa langsung mengatakan bisa mencegat TKA di wilayah itu. Menimbang satu minggu kemudian Abu Rara juga merencanakan aksi fai di rumah terdakwa, terdakwa katakan kalau mau fai ada toko emas dengan alasan WNI golongan keturunan, sehingga harus diperangi," kata hakim.

Oleh karena rencana itu, hakim menilai perbuatan Jack Sparrow salah karena tidak mencegah Abu Rara. Justru Jack Sparrow malah mendukung Abu Rara untuk melakukan amaliyah ke toko emas yang pemiliknya WNI keturunan.

Selanjutnya
Halaman
1 2