Protes Bendera Partai Dibakar, DPC PDIP Bakal Long March ke Polres Jaktim

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Kamis, 25 Jun 2020 10:40 WIB
PDIP merespons aksi pembakaran bendera partainya saat aksi tolak RUU HIP. PDIP akan menempuh jalur hukum.
Bendera PDIP dibakar (Foto: 20detik)
Jakarta -

DPC PDI Perjuangan Jakarta Timur (Jaktim) akan melakukan aksi long march menuju Polres Jakarta Timur siang ini. Aksi ini adalah bentuk protes terhadap pembakaran bendera PDI Perjuangan pada demo tolak RUU HIP usulan DPR, Rabu kemarin.

"Kita ini dari DPC PDI Perjuangan Jakarta Timur. Jadi karena teritori kita itu Jakarta Timur, maka kita melakukan long march ke Polres Jakarta timur," kata Korlap Aksi DPC PDI Perjuangan Jakarta Timur Pilian saat dihubungi, Kamis (25/6/2020).

Pilian mengatakan aksi dilakukan guna meminta pelaku pembakaran bendera segera ditangkap. Menurutnya, pembakaran bendera PDI Perjuangan merupakan tindakan yang tak layak.

"Ya kita menyuarakan bahwa kemudian aksi pembakaran bendera partai itu adalah aksi yang sangat tidak layak. Sehingga kita meminta kepada Kapolres aspirasi kita ini untuk diteruskan ke Pak Kapolda supaya kemudian pelaku dan antek-anteknya ditangkap karena itu perbuatan tidak senonoh," jelas Pilian.

Lebih lanjut Pilian mengatakan estimasi peserta aksi longmarch sekitar 500 orang. Aksi akan dilakukan mulai pukul 13.00 WIB. Titik kumpul massa aksi dimulai dari Apotek Jatinegara, kemudian menuju Polres Jakarta Timur.

"Kita di sana (Polres Jaktim) orasi meminta Pak Kapolres untuk mendengarkan aspirasi kita lalu kita memberikan statement ke Pak Kapolres habis itu kita selesai bubar," tutur Pilian.

Tonton video 'PA 212 Usut Pembakaran Bendera PDIP Saat Demo Tolak RUU HIP':