Buntut Yoga Massal, Ini Alasan Pengelola House of Om Dideportasi dari Bali

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 24 Jun 2020 19:49 WIB
Viral bule kumpul di Ubud, Bali. Penyelenggara sampaikan klarifikasi (dok. Istimewa)
Viral bule berkumpul di Ubud, Bali. Penyelenggara menyampaikan klarifikasi. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Kantor Imigrasi Kelas I Denpasar akan mendeportasi Barakeh Wissam, pengelola House of Om, yang menggelar yoga massal yang diikuti ekspatriat di Gianyar, Bali. Warga negara (WN) Suriah tersebut dideportasi karena beberapa alasan.

"Barakeh Wissam karena dianggap bertanggung jawab dalam pelaksanaan yoga massal. Penanggung jawab kegiatan tidak berusaha membubarkan atau membatalkan acara tersebut setelah mengetahui bahwa jumlah peserta yang hadir melebihi dari aturan yang ada," kata Kabag Humas Ditjen Imigrasi Arvin Gumilang dalam keterangannya, Rabu (24/6/2020).

Selain itu, Wissam diduga tak mematuhi Permenkes Nomor 9 Tahun 2020 tentang Pedoman Pembatasan Sosial Berskala Besar dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona Virus Disease 2019 (COVID-19). Selain itu, dia melanggar Instruksi Gubernur Bali Nomor 8551 Tahun 2020 tentang Penguatan Pencegahan dan Penanganan COVID-19 di Bali, yaitu mengenai pembatasan kegiatan yang melibatkan paling banyak 25 orang.

"Pelaksanaan kegiatan tersebut menyalahi aturan protokol kesehatan COVID-19 karena tidak adanya physical distancing dan orang-orang yang hadir di lokasi acara tidak menggunakan masker," kata Arvin.

Kegiatan yoga massal digelar Wissam di House of Om pada Kamis (18/6). Kegiatan tersebut lalu viral di media sosial karena diperkirakan diikuti 60 orang.

Selanjutnya
Halaman
1 2