Peserta UTBK Dianjurkan Isolasi Diri dan Pakai Masker-Face Shield saat Tes

Danu Damarjati - detikNews
Rabu, 24 Jun 2020 15:20 WIB
Sejumlah pegawai kembali bekerja di kantor usai sebelumnya bekerja dari rumah. Guna cegah virus Corona para pegawai pakai face shield hingga masker saat bekerja
Foto ilustrasi (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Gelombang pertama UTBK-SBMPTN 2020 akan diselenggarakan pada 5 Juli nanti. Di sisi lain, pandemi COVID-19 belum mereda. Peserta UTBK dianjurkan untuk mengisolasi diri supaya aman dari virus Corona.

"Sejak saat ini, kami mengimbau untuk bisa mulai isolasi, dalam tanda kutip, untuk menjaga diri sebaik-baiknya dan tidak berkumpul yang mengakibatkan peredaran COVID-19," kata Ketua Tim Pelaksana Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Mohammad Nasih, dalam jumpa pers virtual LTMPT, Selasa (24/6/2020).

Peserta dianjurkan untuk melakukan isolasi mandiri 14 hari sebelum pelaksanaan UTBK. UTBK Gelombang 1 tinggal 11 hari lagi, dan UTBK Gelombang 2 masih sekitar sebulan lagi.

"Karena khawatir pas hari H nanti peserta menjadi tidak sehat sehingga tidak bisa mengikuti ujian," kata Nasih.

LTMPT menyatakan akan 100% mematuhi protkol kesehatan pencegahan virus Corona. Penyelenggaraan UTBK akan memperhatikan keselamatan peserta, panitia, pengantar-jemput peserta, hingga masyarakat.

Nantinya, jarak antarkomputer dalam lokasi tes akan diatur sejauh 1,5 meter. 40 komputer hanya digunakan oleh 20 peserta. Thermogun (alat pengukur suhu) disiapkan, berikut tempat cuci tangan dan hand sanitizer. Para peserta juga diharuskan mengenakan masker, face shield, dan sarung tangan. Berikut ketentuannya.