Karena Corona, Waktu UTBK-SBMPTN Akan Dipersingkat Jadi 105 Menit

Danu Damarjati - detikNews
Rabu, 24 Jun 2020 12:18 WIB
Suasana SBMPTN di UI Depok.
Foto ilustrasi: Suasana SBMPTN di UI Depok, pada gelaran sebelumnya. (Nur Azizah-detikcom)
Jakarta -

Pada pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (UTBK-SBMPTN) tahun sebelumya, durasi pengerjaan soal mencapai 3 jam. Namun gara-gara ada pandemi COVID-19, maka durasi mengerjakan soal UTBK-SBMPTN 2020 dipersingkat menjadi 1 jam 45 menit.

Tenang saja. Selain waktunya dipersingkat, jenis tes juga dikurangi. Kebijakan ini diambil untuk menjaga keamanan dan kesehatan peserta, panitia, hingga masyarakat dalam pelaksanaan UTBK-SBMPTN new normal.

"Materi UTBK hanya tes potensi skolastik (TPS). TPS hanya memerlukan waktu 105 menit atau 1 jam 45 menit. Artinya, berkaitan dengan pengurangan mata ujian ini juga pasti mengurangi waktu yang dibutuhkan," kata Ketua Tim Pelaksana LTMPT, Mohammad Nasih, dalam jumpa pers virtual Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), Selasa (24/6/2020).

Dalam TPS, peserta ujian akan dites perihal kemampuan penalaran umum, kemampuan kuantitatif, pengetahuan dan pemahaman umum, serta kemampuan memahami bacaan dan menulis. Kemampuan kuantitatif akan mencakup pengetahuan dan penguasaaan matematika dasar.

Pada gelaran UTBK-SBMPTN sebelumya, tak hanya TPS saja yang diujikan namun juga Tes Kompetensi Akademik (TKA) yang mengukur kemampuan keilmuan yang diajarkan di sekolah.

"Kalau tahun lalu bisa hingga 3 jam di kelas (lokasi ujian -red), karena ada TPS maupun TKA. Namun, tahun ini cukup 1 jam 45 menit untuk mengerjakan soal-soal TPS. Ini mengurangi kontak antarpeserta dan pihak lain di dalam kelas," kata Nasih.

Semakin lama durasi berkumpulnya banyak orang di suatu ruang tertutup, maka semakin besar pula potensi penularan COVID-19. Pengurangan durasi UTBK ini dilakukan demi mengurangi potensi penularan COVID-19 di pusat UTBK.

Tonton video 'Punya Gejala Demam Tinggi, Ini Beda DBD dan COVID-19':