Antisipasi Karhutla, Ma'ruf Minta Area Rawan Titik Api Jadi Perhatian Khusus

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Rabu, 24 Jun 2020 04:10 WIB
Wapres Maruf Amin
Foto: Wapres Ma'ruf Amin (dok. Setwapres)

Pemanfaatan infrastruktur dan pengawasan, sebut Ma'ruf harus diterapkan hingga tingkat bawah sehingga dapat menjadi upaya mencegah terjadinya karhutla. Ma'ruf meminta agar seluruh jajaran di daerah untuk bergerak cepat jika ditemukan titik api.

"Pengendalian karhutla juga dapat memanfaatkan infrastruktur pengawasan yang telah ada hingga ke tingkat bawah. Cepat bergerak dan berkoordinasi memadamkan titik api yang terdeteksi dan belum membesar. Sementara untuk pencegahan kebakaran di lahan gambut, penataan ekosistem harus dilakukan secara konsisten. Siaga menjaga tinggi muka air untuk mencegah kekeringan dan kebakaran lahan," tutur Ma'ruf.

Lebih lanjut, Ma'ruf mengatakan karhutla terjadi akibat ulah tangan manusia. Dia meminta agar ada tindakan tegas bagi yang terbukti melakukan pembakaran.

"Karhutla sebagian besar terjadinya karena ulah manusia baik yang disengaja maupun karena kelalaian. Penegakan hukum terhadap tindakan tersebut harus tegas dan tanpa kompromi," pungkasnya.

Sebelumnya Presiden Jokowi memberikan sejumlah instruksi penting untuk mencegah kebakaran hutan dan lahan. Jokowi meminta segera dipadamkan jika ditemukan titik api kecil.

"Kita juga memiliki infrastruktur pengawasan sampai di tingkat bawah. Gunakan babinsa, bhabinkamtibnas, kepala desa digunakan, karena api kalau masih kecil bisa kita selesaikan akan lebih efektif, lebih efisien, daripada sudah membesar baru kita pontang-panting," ujar Jokowi dalam rapat terbatas antisipasi karhutla di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (23/6).

Halaman

(lir/lir)