Pakai Pesawat Carter, Gelombang Pertama TKA China Tiba di Bandara Kendari

Sitti Harlina - detikNews
Selasa, 23 Jun 2020 20:18 WIB
Gelombang pertama kedatangan TKA asal China tiba di Bandara Halu Oleo Kendari (Sitti Harlina/detikcom)
Gelombang pertama kedatangan TKA asal China tiba di Bandara Halu Oleo, Kendari. (Sitti Harlina/detikcom)
Kendari -

Tepat pukul 20.30 Wita, gelombang pertama tenaga kerja asing (TKA) asal China tiba di Bandara Halu Oleo Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra). Mereka tiba dengan menggunakan pesawat sewaan.

"Ini baru sampai, gunakan pesawat carter Lion," kata Kepala Bandara Halu Oleo, Safruddin, kepada wartawan di lokasi, Selasa (23/6/2020).

Dia mengatakan pesawat carteran yang membawa gelombang pertama itu sempat transit di Kota Manado sebelum tiba di Kendari. Dikatakannya, protokol kesehatan juga tetap dilakukan kepada TKA ini.

"Tidak ada perlakuan khusus, sama seperti penumpang biasa. Kan sudah ada petugas dari KKP yang memeriksa dokumen kesehatannya," katanya.

Gelombang pertama kedatangan TKA asal China tiba di Bandara Halu Oleo Kendari (Sitti Harlina/detikcom)Belum diketahui jumlah TKA asal China yang datang pada gelombang pertama ini. (Sitti Harlina/detikcom)

Belum diketahui pasti jumlah TKA gelombang pertama ini dari total keseluruhan sebanyak 500 TKA. "Belum pegang manifes jadi belum tahu pasti jumlahnya," ujarnya.

Pantauan detikcom, para TKA yang tiba ini keluar tidak sekaligus, melainkan keluar secara bertahap. Ada yang keluar dari pintu kedatangan sebanyak 6 orang, ada pula yang keluar berjumlah 5 orang.

(jbr/jbr)