Menteri LHK Ungkap Perintah Jokowi Cegah Karhutla Sedari Lebaran

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 23 Jun 2020 11:42 WIB
Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya dan DPR menggelar rapat membahas orangutan yang ditembak dan dipenggal di Kalimantan Tengah. Rapat digelar di gedung DPR, Jakarta, Rabu (24/1/2018).
Menteri LHK Siti Nurbaya (Foto: dok. detikcom)
Jakarta -

Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengatakan pemerintah sudah melakukan pencegahan kebakaran hutan dan lahan (karhutla). Siti menyampaikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) sudah berpesan adanya pencegahan karhutla sedini mungkin.

"Kenapa ini (teknologi modifikasi cuaca) penting? Karena fase kemarin itu kenapa dia ada krisis karena ada COVID, sudah begitu Lebaran, makanya itu coba kita atasi begitu rupa pemerintah berupaya. Bapak Presiden perintahkan, jangan ada masalah dari Lebaran dan seterusnya," kata Siti seusai rapat terbatas di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta Pusat, Selasa (23/6/2020).

Teknologi modifikasi cuaca sudah dilakukan pada awal Mei di Sumatera. Siti menjelaskan lahan gambut, yang biasanya menjadi sumber titik api, kini basah.

"Kita lakukan modifikasi cuaca ini beberapa tempat di Sumatera. Ini sudah kita lakukan pada 13-31 Mei, sehingga Lebaran jangan ada asap, kemudian akan kita teruskan dan ini hasilnya. Jadi ada korelasi antara modifikasi hari hujan jadi awannya direkayasa diinduksi sehingga punya banyak uap air sehingga jatuh jadi hujan. Dan itu bisa berpengaruh itu akhirnya dia membasahi gambut," ujar Siti.

Setelahnya, pemerintah akan melakukan modifikasi cuaca di Kalimantan. Berdasarkan laporan BMKG, musim kemarau di Kalimantan akan masuk bulan Juli.

Selanjutnya
Halaman
1 2