Round-Up

Fakta Terbaru soal Gempar Pulau Malamber Dijual Rp 2 Miliar

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 23 Jun 2020 07:26 WIB
Pulau Malamber di Sulawesi Barat.
Foto: Pulau Malamber di Sulawesi Barat. (Istimewa)

- Pelunasan dilakukan di bulan 4
Menurut Raja, ada kesepakatan soal pelunasan pembelian pulau. Dia mengungkapkan mengenai kesepakatan tenggang waktu pelunasan.

"Yang dibayar baru Rp 200 (juta), uang panjar. Itu ada perjanjian, begitu sampai perjanjian bulan 4 tidak dibayar (dilunasi) hangus itu uang. Ini sudah bulan enam, lebih dua bulan," sebut Raja saat dimintai konfirmasi di rumahnya, Desa Sumare, Kecamatan Simboro, Kabupaten Mamuju, Senin (22/06).

Raja (63) pria yang diduga menjual Pulau Malamber, Sulbar (Abdy Febriady/detikcom)Raja (63) pria yang diduga menjual Pulau Malamber. (Abdy Febriady/detikcom)

- DP sudah dibagi-bagi ke saudara
Namun, karena sudah bulan ke-6 tidak ada pelunasa, Raja menyebut uang muka tersebut sudah menjadi haknya. Dia pun mengaku sudah membagi-bagikan DP tersebut ke saudaranya.

"Itu saja, uang itu sudah jadi hak dan dibagi-bagi sama saudara dan kemenakan," sebut Raja sembari tertawa.

- Penjual mengaku hanya menjual tanah seluas 6 hektare
AKP Syamsuriansyah menyebut Raja mengubah keterangannya. Sebab, awalnya Raja menyebut jual-beli pulau.

"Menurut keterangan awal Raja dan lainnya, itu memang terjadi transaksi jual-beli pulau itu. Memang dari awal dikatakan di situ memang terjadi transaksi jual-beli pulau," terang Syamsuriansyah.

Namun, sambung Syamsuriansyah, belakangan Raja membantah menjual pulau. Dia mengaku hanya menjual tanah seluas 6 hektare.

"Walaupun di kemudian hari dibantah oleh si penjual, bahwa yang dia jual itu adalah dalam bentuk tanah saja," jelasnya.