Merasa Diselingkuhi, Suami Culik PIL Istrinya dan Minta Tebusan Rp 30 Juta

Muhammad Risanta - detikNews
Senin, 22 Jun 2020 16:23 WIB
Rizaliansyah alias Rizal (30) tersangka penculikan pria idaman lain istrinya (M Risanta/detikcom)
Foto: Rizaliansyah alias Rizal (30) tersangka penculikan pria idaman lain istrinya (M Risanta/detikcom)
Banjarmasin -

Rizaliansyah alias Rizal (30), warga di Kelurahan Basirih, Kecamatan Banjarmasin Selatan, ditangkap polisi usai menculik seorang pria. Dia terbakar cemburu. Korbannya adalah RS (35), warga Banjarmasin Utara, yang dia duga sebagai pria idaman lain (PIL) istrinya.

Wakapolresta Banjarmasin AKBP Sabana Atmojo dalam jumpa pers di Satreskrim Polresta Banjarmasin, Senin (22/6/2020) menyebut peristiwa ini berawal ketika Rizal (30) merasa cemburu karena menduga istrinya 'main serong' dengan RS. Pelaku pun mengajak saudaranya bernama Isal dan temannya, Hamid, mendatangi korban ke tempat kerja di bilangan HKSN, Komplek AMD, Banjarmasin Utara pada Sabtu (20/6).

Korban kemudian dibawa pelaku ke kawasan Jalan Gubernur Soebarjo Kelurahan Basirih, Kecamatan Banjarmasin Barat untuk berdamai dan membicarakan permasalahan tersebut. Namun sesampai di sana, korban malah disekap dan sempat dipukuli pelaku. Pelaku pun langsung menghubungi adik korban.

"Kepada adik korban, pelaku ini memberikan tiga opsi, korban akan dibutuh atau perbuatan korban dilaporkan ke polisi. Selanjutnya keluarga korban menyerahkan uang tebusan sebesar Rp 30 juta, sebagai uang kasih sayang," terang AKBP Sabana Atmojo.

Adik korban sendiri berjanji untuk menyerahkan uang kepada pelaku, namun ia meminta waktu untuk mengambil uangnya terlebih dahulu. Namun hal itu semata-mata untuk mengulur waktu agar bisa menghubungi polisi. Berdasarkan laporan adik korban, petugas pun bergerak ke kediaman pelaku

"Berbekal beberapa petunjuk inilah kami akhirnya dapat menemukan keberadaan para pelaku. Dalam penggerebekan itu, pelaku ternyata menyekap korban di salah satu kamar di rumah tersebut," ujar Sabana Atmojo.

Selanjutnya, pelaku dan barang bukti kasus ini sudah diamankan di Mapolresta Banjarmasin untuk proses hukum. Ketiga pelaku dijerat Pasal 333 KUHP terkait penyekapan dengan ancaman hukuman 8 tahun penjara dan Pasal 328 tentang penculikan dengan ancaman hukuman 12 tahun penjara.

Rizaliansyah sendiri mengaku terpaksa nekat melakukan penculikan dan penyekapan karena tak tahan dibakar api cemburu. karena diduga menjalin hubungan dengan pria lain Apalagi ia dan istrinya sudah pisah ranjang (Barambangan, dalam bahasa Banjar) sejak dua bulan lalu.

"Saya cemburu. Awalnya korban mau saya pertemukan dengan keluarga dan keluarga istri sebab saya menduga jika ada hubungan spesial dengan istri saya," ujarnya singkat.

Tonton juga video 'Diduga Selingkuhi Istri Orang, Pria di Probolinggo Tewas Dibacok':

(gbr/gbr)