Mahasiswa Unjuk Rasa di Kemendikbud, Tuntut Regulasi Pemotongan Biaya Kuliah

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Senin, 22 Jun 2020 13:44 WIB
Demo mahasiswa di depan Kemendikbud
Foto: Demo mahasiswa di depan Kemendikbud (Rahel/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah mahasiswa yang tergabung dalam aliansi Gerakan Mahasiswa Jakarta Bersatu melakukan aksi unjuk rasa di Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). Aksi ini menuntut adanya kebijakan konkrit terkait pemotongan biaya kuliah di masa pandemi COVID-19.

Pantauan detikcom di Kemendikbud, Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta Pusat, Senin (22/6/2020) sekitar 30-an mahasiswa mulai mendatangi lokasi pada pukul 11.39 WIB. Mereka tampak membawa bendera yang bertuliskan "KBM UNINDRA".

Tampak, sejumlah mahasiswa tersebut mengenakan masker dan mengenakan almamater kampus. Terlihat juga, beberapa personel polisi telah bersiaga menjaga gerbang gedung Kemendikbud.

Koordinator lapangan aksi dari UNINDRA, Goldi, mengatakan aksi ini menuntut adanya regulasi konkrit dari pemerintah terkait pemotongan biaya kuliah di masa pandemi Corona. Dia menginginkan adanya regulasi yang tepat untuk segera diberikan kepada mahasiswa.

"Kami dari mahasiswa ini menuntut hak-hak kami karena belum ada regulasi yang konkrit dari Kemendikbud sendiri terkait permasalahan pemotongan biaya dan penghapusan biaya di pandemi ini. Dan kita juga mendorong kementerian ini segera untuk bisa cepat tanggap untuk memberikan regulasi yang tepat," kata Goldi di lokasi.

Tonton video 'Menteri Nadiem Terbitkan Aturan Keringanan Uang Kuliah Mahasiswa':