40 Penumpang Kapal yang Mati Mesin di Laut Tapteng Sumut Ditemukan Selamat

Ahmad Arfah Fansuri - detikNews
Senin, 22 Jun 2020 09:31 WIB
Foto: Proses Evakuasi Penumpang Kapal (dok. Istimewa)
Proses Evakuasi Penumpang Kapal (dok. Istimewa)
Tapanuli Tengah -

Penumpang kapal yang mengalami mati mesin di laut dekat Pulau Mursala, Tapanuli Tengah (Tapteng), Sumatera Utara (Sumut), ditemukan. Seluruh penumpang kapal ditemukan dalam keadaan selamat.

"Sudah ditemukan dalam keadaan selamat semua sekitar pukul 16.20 WIB kemarin," kata Kepala Basarnas Nias, M Agus Wibisono, dalam keterangan tertulis yang disampaikan Humas Basarnas Nias, Asa Waruwu, Senin (22/6/2020).

Para penumpang kapal ini sempat dinyatakan hilang selama 3 jam setelah kapal yang ditumpangi mati mesin. Saat ini sudah dilakukan evakuasi terhadap kapal dan seluruh penumpangnya.

"Sudah dilakukan evakuasi (penumpang kapal). Kapal juga sudah ditarik ke Tangkahan, Sibolga," jelasnya.

Sebelumnya, kapal berisi 40 orang mengalami mati mesin di tengah laut dekat Pulau Mursala, Tapanuli Tengah. Petugas dari Kantor SAR Nias pun melakukan pencarian.

Peristiwa itu disebut terjadi pukul 13.00 WIB tadi. Kapal tersebut berangkat dari Sibolga untuk keperluan wisata di Pulau Kalimantung dan mengangkut 40 orang.

"Berangkat dari Tangkahan Sibolga membawa penumpang sekitar 40 orang untuk piknik di Pulau Kalimantung dan mengalami mati mesin dan mohon bantuan evakuasi," ucap Agus Wibisono.

(mae/mae)