32 Nakes RSUD Takalar Positif Corona, RS Sempat Ditutup Total 3 Hari

Hermawan Mappiwali - detikNews
Minggu, 21 Jun 2020 19:58 WIB
poster
Ilustrasi (Edi Wahyono/detikcom)
Takalar -

Sebanyak 32 tenaga kesehatan (nakes) di RSUD H Padjonga Daeng Ngalle, Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, positif terinfeksi COVID-19. Akibatnya, layanan medis di rumah sakit ini sempat ditutup total selama tiga hari.

"Untuk tenaga kesehatan, kita ada 32 orang yang positif, di antaranya ada 5 orang dokter, sisanya perawat, apoteker, radiografer, tenaga administrasi, kemudian tenaga rekam medik," ujar Ketua Harian Gugus Tugas COVID-19 Takalar dr Rahmawati saat kepada detikcom, Minggu (21/6/2020).

Rahmawati mengatakan, dari 32 nakes yang positif Corona, 16 orang di antaranya disebut terinfeksi dalam kurung waktu Mei ke Juni, tepatnya setelah hari Lebaran. Angka nakes positif Corona yang tiba-tiba 'meledak' itu membuat layanan di rumah sakit sempat diberhentikan total selama tiga hari, yakni sejak 18-20 Juni 2020.

"Layanan di RSUD sempat kita tutup total memang selama tiga hari," katanya.

Rahmawati mengatakan, menutup total layanan RSUD sangat diperlukan untuk mensterilkan rumah sakit dan mencegah penularan yang lebih luas, baik antara sesama nakes maupun dari nakes ke pasien.

"Penyebabnya (RSUD sempat ditutup total) karena kami ingin memutuskan mata rantai penularan, dari tenaga kesehatan kami yang terkonfirmasi positif dengan pasien yang akan berobat, terutama yang akan ke instalasi gawat darurat," terang Rahmawati.

"Kedua, kami ingin mensterilkan, utamanya pelayanan IGD yang merupakan pintu masuk utama bagi pasien emergensi," imbuhnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2