Tentang Jokowi yang Tak Pernah Rayakan Ulang Tahun

Danu Damarjati - detikNews
Minggu, 21 Jun 2020 10:47 WIB
Jokowi tiba di Hotel Shangri-La, Jakarta, Sabtu (30/3/2019)
Presiden Jokowi (Rifkianto Nugroho/detikcom)
Jakarta -

Hari ini, 21 Juni 2020, Presiden Joko Widodo (Jokowi) berulang tahun ke-59. Namun dia tidak mengadakan perayaan secara khusus. Jokowi memang tidak pernah merayakan ulang tahun.

Berdasarkan catatan pemberitaan detikcom yang dihimpun hingga Minggu (21/6/2020), Presiden ke-6 RI ini lahir di Rumah Sakit Brayat Minulya, Kota Surakarta, Provinsi Jawa Tengah. Dulu, dia sempat sebentar menyandang nama Mulyono, tapi karena sakit-sakitan, orang tuanya mengganti nama Mulyono menjadi Joko Widodo.

Jokowi kecil tumbuh di Kampung Srambatan, Kota Surakarta. Dia dan keluarganya berpindah-pindah rumah di bantaran kali. Sejak kecil, dia mengaku tidak pernah merayakan ulang tahun.

"Ya gimana? Wong saya ndeso. Saya nggak pernah ulang tahun," ujar Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo saat ditanya mengenai ulang tahunnya oleh wartawan di Balai Kota, 20 Juni 2013, menjelang perayaan ulang tahun ke-52 saat itu.

Bukan hanya tidak merayakan, Jokowi sendiri bahkan terkadang lupa hari ulang tahunnya. Hal ini dia mengungkapkan saat umurnya mengancik 57 tahun.

"Sebenarnya, saya tak pernah merayakan ulang tahun saya sendiri. Kadang-kadang malah lupa," ujar Jokowi dalam akun Facebook-nya, 21 Juni 2018.

Tonton video 'Hasil Survei ASI: 75,6% Setuju Kabinet Jokowi-Ma'ruf Dirombak':

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2