Pendaftaran Ditutup Malam Ini, Pendaftar UTBK untuk SBMPTN Capai 692.126

Rahel Narda Chaterine - detikNews
Sabtu, 20 Jun 2020 14:59 WIB
Ilustrasi SBMPTN (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Foto: Ilustrasi SBMPTN (Andhika Akbarayansyah/detikcom)
Jakarta -

Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) untuk Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) akan ditutup malam ini pukul 22.00 WIB. Masih ada waktu bagi kamu yang ingin mendaftar perguruan tinggi.

"Batas akhir pendaftaran (UTBK SBMPTN 2020) tanggal 20 Juni 2020, pukul 22.00 WIB," demikian keterangan di situs LTMPT, seperti dilihat detikcom, Sabtu (20/6/2020).

Pendaftaran UTBK dan SBMPTN dibuka pada 2 hingga 20 Juni 2020. Hingga pukul 12.39 WIB hari ini, terdapat 692.126 peserta yang telah menyelesaikan proses pendaftaran (cetak kartu).

Lebih lanjut, dalam situs resmi itu dituliskan sudah ada 547.759 peserta yang mendaftar secara reguler. Sedangkan terdapat 144.367 peserta yang mendaftar menggunakan Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Diketahui, untuk mendaftar UTBK dan SBMPTN, perlu akun LTMPT. Tentu kamu sudah punya akun LTMPT, karena pendaftaran akun LTMPT sudah ditutup sejak April lalu.

Cara mendaftar:

1. Login menggunakan akun LTMPT ke portal.ltmpt.ac.id. Pilihlah menu pendaftaran UTBK-SBMPTN sesuai tipe: tipe A adalah pendaftar berbayar atau tipe B yang merupakan pendaftar tidak berbayar.

2. Pilihlah Pusat UTBK tempat Anda akan mengikuti tes. Bila kamu mendaftar melalui skema Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah, maka pastikan sudah memiliki nomor pendaftaran KIP Kuliah

3. Cetak slip pembayaran untuk membayar biaya mengikuti UTBK-SBMPTN. Bayarlah ke bank mitra LTMPT dalam batas waktu 2x24 jam. Bila batas waktu terlewati, maka kamu perlu mengulang proses pendaftaran dari awal.

4. Tuntaskan proses pendaftaran dengan cara login kembali ke portal.ltmpt.ac.id. Isilah jenis jurusan sekolah asal kamu.

Pendaftar UTBK untuk SBMPTN capai 692.126 per Sabtu (20/6) siang.Pendaftar UTBK untuk SBMPTN capai 692.126 per Sabtu (20/6) siang. Foto: dok. LTMPT

5. Pilihlah paling banyak dua program studi baik dari satu PTN yang sama atau dari dua PTN yang berbeda, namun kedua program studi yang dipilih harus berasal dari satu jenis PTN (non-politeknik saja atau PTN politeknik saja, tidak boleh campuran).

6. Unggahlah portofolio bila perlu. Lakukanlah konfirmasi data pendaftaran dan simpan permanen.

7. Cetak kartu tanda bukti peserta UTBK-SBMPTN untuk dibawa pada saat mengikuti UTBK.

(azr/azr)