PPDB, 317 dari 514 Kabupaten Akan Terapkan Sistem Zonasi

Angga Laraspati - detikNews
Sabtu, 20 Jun 2020 10:44 WIB
Pra Pendaftaran Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) DKI Jakarta akan dimulai pada, Kamis (11/9). Nah, seperti apa sih persiapannya?
Foto: Grandyos Zafna
Jakarta -

Jelang Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2020, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menginformasikan jumlah kabupaten/kota yang menjalankan kebijakan zonasi. Terhitung sebanyak 317 dari 514 Kabupaten/Kota telah menerbitkan kebijakan PPDB Zonasi yang telah sesuai dengan Permendikbud No 44/2019.

Plt Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Pendidikan Menengah, Hamid Muhammad mengatakan 317 kabupaten/kota tersebut sudah menerbitkan juknis dari Pemda dan Kemendikbud masih menunggu 197 lainnya.

"Kami masih menunggu dan ini umumnya berada di Indonesia Timur. Tentunya akan kami tunggu sampai kira-kira pertengahan bulan Juni," ungkap Hamid dikutip dari video yang dikirimkan, Rabu (17/6/2020).

Adapun, untuk PPDB tahun ini mengingat Indonesia tengah dilanda pandemi COVID-19, Kemendikbud mengonfirmasi akan melakukan PPDB secara daring (online). Hal ini juga sudah dilaksanakan pada tahun-tahun sebelumnya. Untuk tahun ini Kemendikbud melaporkan sebanyak 221 Kabupaten/Kota pada PPDB tahun ini bisa melaksanakan kegiatan tersebut secara daring/online.

"Selebihnya sebanyak 293 Kabupaten/kota masih berada di luar jaringan. Tapi ini masih kita tunggu dari yang 197 Kabupaten (yang belum menerbitkan juknis) menyelenggarakannya secara daring atau luring," tutur Hamid.

Lebih lanjut, dalam memudahkan PPDB tahun ini, Pusat Data Informasi (Pusdatin) pun memberikan bantuan teknis kepada beberapa Kabupaten/kota untuk melaksanakan PPDB online. Sebanyak 177 Kab/Kota telah mendapatkan bantuan tersebut, jadi dapat dikatakan cukup banyak yang mendapatkan bantuan tersebut.

Sebagai informasi, untuk PPDB tahun ini Kemendikbud mengatakan ada perbedaan pada pembagian kuota untuk PPDB tahun ini dibandingkan dengan tahun lalu. Hal ini dapat dilihat dari jumlah jalur, pada tahun ini akan ada penambahan jalur yaitu jalur prestasi. Sehingga pada PPDB tahun ini terdapat 4 jalur penerimaan yaitu zonasi, afirmasi, perpindahan tugas orang tua, dan juga prestasi.

(mul/mul)