Curi Duit BLT Rp 163 Juta untuk Beli Saham, Pria di Sumsel Ditangkap Polisi

Raja Adil Siregar - detikNews
Jumat, 19 Jun 2020 12:27 WIB
Polisi tangkap pencuri dana BLT di Sumsel (Raja Adil-detikcom)
Foto: Polisi tangkap pencuri dana BLT di Sumsel (Raja Adil-detikcom)
Palembang -

Pria asal Palembang, Nanda (24), ditangkap polisi. Dia ditangkap karena diduga mencuri dana bantuan langsung tunai (BLT) di Kantor Pos senilai Rp 163 juta untuk modal investasi saham.

Kapolsek Kalidoni, AKP Irene, mengatakan dana BLT itu rencananya bakal dibagikan pada masyarakat yang terdampak COVID-19. Namun, dana BLT diambil dari ruangan tanpa sepengetahuan pimpinan.

"Uang BLT itu ada di ruangan Kantor Pos Sungai Buah. Rencana mau dibagikan ke masyarakat," kata Irene di Palembang, Jumat (19/6/2020).



Nanda yang melihat uang sudah siap dibagikan kemudian masuk dan mengambil dana tersebut. Dia kemudian keluar dan membawa kabur duit untuk rakyat kurang mampu tersebut.

"Alasan karena butuh modal mau investasi saham secara online. Jadi dana itu disetor cash untuk deposit dengan berharap dapat keuntungan," katanya.

Nanda, kata Irene, sebelumnya bekerja di Pulau Bali sebagai fotografer. Namun, karena usahanya sepi akibat terdampak COVID-19 dia pulang ke Palembang dan bekerja di kantor pos.



Nanda sendiri mengaku hanya meminjam dana BLT itu. Dia mengaku akan mengembalikan dana itu jika sudah mendapat keuntungan.

"Rencana akan saya kembalikan kalau ada dapat untung. Jadi keuntungan saya ambil, modalnya dikembalikan lagi," ujar Nanda di kantor polisi.

"Saya sudah pernah main itu, makanya ya berani main sahan online," sambungnya.

(ras/haf)