Round-Up

Babak Baru Perburuan terkait Buron FBI

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 19 Jun 2020 07:46 WIB
Russ Albert Medlin ditangkap penyidik Subdit Cyber Crime Ditreskrimsus Polda Metro Jaya di Kebayoran Baru, Jaksel. Medlin merupakan buronan FBI yang dicari sejak 2016.
Buron FBI Russ Medlin (Agung Pambudhy/detikcom)
Jakarta -

Polda Metro Jaya masih terus mengembangkan kasus dugaan pencabulan anak di bawah umur oleh buron Federal Bureau of Investigation (FBI) Russ Medlin. Polisi kini tengah mengejar munckari yang menyediakan pekerja seks anak di bawah umut bagi WN Amerika Serikat itu.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus mengatakan pihaknya telah mengantongi identitas penyedia PSK anak untuk Russ Medlin tersebut.

"Ya inisialnya A saja, masih didalami," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus ketika dihubungi, Rabu (17/6/2020) malam.

Polisi belum mengetahui dari mana Russ Medlin kenal dengan penyedia anak tersebut. Yusri mengatakan pihaknya masih mendalami hal ini.

"Kan belum ketangkap, kalau sudah ketangkap kan baru kita tahu, nanti kita minta keterangan dua duanya agar lebih jelas," ujarnya.

Sementara itu, Polda Metro Jaya berkoordinasi dengan pihak Imigrasi untuk mengetahui catatan perjalanan Russ Medlin. Yusri menyebutkan, Russ Medlin sempat keluar-masuk Indonesia sebelum dia di-red notice oleh Interpol pada Desember 2019. Terakhir, Russ Medlin masuk ke Indonesia pada November 2019 melalui Bandara Halim Perdanakusuma.

"Dia datang dari Dubai pada November 2019, masih sempet masuk ke Indonesia karena belum ada red notice-nya. Terakhir dari Dubai bulan November 2019 dan di-cross-check dengan data yang ada di Imigrasi memang dia datang pada November 2019 melalui Bandara Halim Perdanakusuma menggunakan fasilitas bebas visa kunjungan wisata," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Yusri Yunus kepada wartawan di Polda Metro Jaya, Jakarta, Kamis (18/6/2020).

Simak video 'Polda Metro Jaya: Russ Medlin Buronan FBI Sejak Tahun 2016':

Selanjutnya
Halaman
1 2 3