Round-Up

Ulah Bule Ngutil Cincin di Kuta hingga Sempat Dihajar Massa

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 19 Jun 2020 07:30 WIB
WN Amerika, Marcus Dorian Price (tengah) diamankan karena ngutil cincin di toko emas Bali
Foto: WN Amerika, Marcus Dorian Price (tengah) diamankan karena ngutil cincin di toko emas Bali. (Istimewa)
Badung -

Seorang warga negara asing (WNA) asal Amerika ketahuan ngutil alias mencuri cincin di toko emas di Kuta, Bali. Karena ulahnya, pelaku sempat dihajar massa.

Pelaku diketahui bernama Marcus Dorian Price (35). Dia melakukan aksinya pada Rabu (17/6) dengan modus ingin membeli cincin.

Kanit Reskrim Polsek Kuta Iptu Bagus Nagara Baranacita menuturkan, awalnya Price datang ke toko emas menggunakan sepeda motor. Di sana, pria yang memiliki perawakan tinggi besar kemudian langsung menuju ke toko yang ditarget untuk mencuri.

Lantaran tak bisa berbahasa Indonesia, pelaku hanya menunjuk perhiasan yang dia mau. Setelah di penjual toko mengambilkan cincin yang ditunjuk, Price justru kabur tanpa membayar.

"Diambilah cincin itu dikasih di atas kaca, kemudian ibunya ngambil kalkulator, dihitunglah harganya berapa. Setelah itu kalkulatornya diambil sama pelaku setelah itu mungkin berselang berapa detik diambil lagi sama ibunya ditunjukkin harganya setelah itu langsung dia pergi dikantongi lah cincin itu," kata Bara saat dihubungi detikcom, Kamis (18/6/2020).

Pemilik toko bergegas keluar dan langsung menarik pelaku. Karena situasinya sedang ramai, si pemilik toko pun meminta bantuan warga sekitar.

"Jadi setelah itu dia naik motor, setelah itu belum sempat distarter karena ibunya lari keluar terus tarik tangannya setelah ditarik tangannya baru massa ini mulai bergerombol ini," ungkap Bara.

Karena terjebak massa, pelaku pun dihajar warga setempat. Polisi kemudian datang dan mengamankan pelaku.

Beruntung pelaku tidak sampai mengalami luka yang serius.

"Setelah itu, karena ramai akhirnya motornya ditinggal kunci sudah diambil sama korban kan nah setelah itu dia tinggal jalan lah dia, karena badannya besar tidak ada yang berani. Nah setelah itu baru massa, diajak massa baru setelah itu pengeroyokan itu, tapi dari pengeroyokan itu nggak sampai luka luka berat sih, enggak ya, luka luka ringan aja," jelas Bara.

Price akhirnya berhasil diamankan polisi dan dimintai keterangan. Dari tangan pelaku, polisi mengamankan beberapa barang bukti cincin yang icuri seberat 1,83 gram dan 1 sepeda motor.

"Kita amankan makanya hanya luka-luka ringan saja kita kan datangnya cepat juga setelah kejadian 5 menit lah," ujar Bara.

(idn/idn)