KedaiKOPI Rilis Survei Tokoh Alternatif, Ini 8 Nama yang Dipaparkan

Eva Safitri - detikNews
Kamis, 18 Jun 2020 16:17 WIB
Survei KedaiKopi terkait tokoh alternatif Indonesia
Survei KedaiKopi terkait tokoh alternatif Indonesia

Kunto mengatakan kemunculan nama itu didapatkan berdasarkan sistem big data dengan Google Trend. Kunto menyebut Anies menjadi yang terbanyak dicari di mesin pencarian Google.

"Kenapa nama-nama ini muncul, kita mencoba memadukannya dengan big data, ini hasil dari Google Trend. Kami cari nama-nama tersebut, ini kami bandingkan nama-nama kepala daerah, dan Anies dominan di Google Trend. Jadi orang banyak nyari tentang Anies terkait dengan pemberitaan di media-media, yang membuat orang pengin tahu apa sih yang dilakukan Anies Baswedan," ujarnya.

Lebih lanjut, analis komunikasi politik Hendri Satrio menilai ada tantangan untuk kepala daerah saat menatap Pilpres 2024. Masa jabatan mereka akan habis sebelum 2024 sehingga mereka tidak akan punya panggung lagi.

"Pemilu 2024 akan membuat pemimpin daerah kesulitan menjaga elektabilitas, maksimal sampai 2023, jadi Anies selesai 2022. Kalau tanpa panggung politik, itu akan berat sekali, apalagi Anies bukan kader dari partai, yang dari kader saja kesulitan," katanya.

Hendri mengatakan pemimpin alternatif itu akan berpotensi diduduki oleh anggota DPR, menteri, hingga ketua umum partai. Itu karena mereka memiliki panggung dan elektabilitas yang masih berjalan.

"Yang sampai 2024 itu punya panggung politik, ketum partai bisa, menteri bisa, juga wapres kalau mau. Selain itu, anggota DPR, dia mampu juga, orang DPR itu punya panggung politik sampai 2024, jadi pemimpin alternatif itu masih banyak, dan kemungkinan besar akan ada nama kepala daerah lain yang muncul," ujarnya.


(eva/imk)