Pandemi Corona, KPU Targetkan 77,5% Partisipasi Pemilih di Pilkada 2020

Yulida Medistiara - detikNews
Kamis, 18 Jun 2020 14:29 WIB
Ketua KPU Arief Budiman meninggalkan gedung KPK usai menjalani pemeriksaan. Ia diperiksa sebagai saksi dalam kasus suap PAW anggota DPR.
Ketua KPU Arief Budiman (Foto: Ari Saputra)

Arief mengatakan KPU akan terus mensosialisasikan kepada masyarakat agar mau menggunakan hak pilihnya. Selain itu KPU berharap bakal calon peserta Pilkada nantinya merupakan sosok berkompeten sehingga partisipasi pemilih akan meningkat.

"Tugas agar masyarakat tetap mau menggunakan hak pilihnya itu merupakan tugas bersama kita. Jadi bakal calon perseorangan kemudian calon yang diusung parpol itu harus calon-calon terbaik sehingga masyarakat pun selain karena yakin bisa menggunakan hak pilih dan mendapat calon terbaik sehingga masyarakat semangat dan mau menggunakan hak pilihnya," sambungnya.

Arief mengatakan pelaksanaan Pilkada 2020 di tengah pandemi ini merupakan yang pertama kali dilakukan di Indonesia. Jika Pilkada ini berhasil maka akan menjadi contoh bagi generasi berikutnya.

"Jadi apa yang kita lakukan hari ini sebetulnya bukan untuk kepentingan hari ini tapi jauh lebih dari itu untuk kepentingan generasi yang akan datang. Yang mereka akan mewarisi, belajar dari apa yang kita lakukan hari ini," imbuh Arief

"Kalau baik maka kita memberikan fondasi yang baik, tapi kalau ini kita laksanakan tidak baik bahkan mungkin banyak problem, maka generasi yang akan datang kalau menghadapi situasi yang sama seperti ini dia harus cari referensi lagi. Dia harus menyesuaikan banyak hal," ungkapnya.

Halaman

(yld/knv)