Round-Up

Beda Ganjar-RK-Anies di Mata Netizen

Tim detikcom - detikNews
Kamis, 18 Jun 2020 07:31 WIB
Anies, Ridwan Kamil, Ganjar di Balai Kota DKI (Zhacky/detikcom)
Foto: Anies, Ridwan Kamil, Ganjar di Balai Kota DKI (Zhacky/detikcom)
Jakarta -

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK) dan Gubernur DKI Anies Baswedan aktif dalam menggunakan media sosial. Segala aktivitas atau kegiatan kerap diunggah dalam media sosial mereka masing-masing.

Tapi ternyata di antara mereka memiliki pandangan yang berbeda di mata para netizen. Analis media sosial Drone Emprit and Kernels Indonesia, Ismail Fahmi, menyampaikan analisa keaktifan ketiga gubernur itu dalam bermedia sosial.

Analisa ini berdasarkan hasil pengamatan menggunakan big data dengan sumber berita online, Twitter, FB, IG, dan YouTube. Hasilnya Anies Baswedan dinilai lebih populer di media sosial dibandingkan dengan Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil (RK).

"Hasil Drone Emprit, @aniesbaswedan paling populer (64%), @ganjarpranowo nomor dua (19%), @ridwankamil paling rendah (17%)," tulis Ismail dalam akun twitternya, seperti dilihat detikcom, Rabu (17/6/2020).

Popularitas lawan disukai antara Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Ridwan Kamil versi Drone Emprit.Popularitas lawan disukai antara Anies Baswedan, Ganjar Pranowo, dan Ridwan Kamil versi Drone Emprit. Foto: dok. @ismailfahmi.

Tapi beda Anies justru memiliki nilai rendah dalam kategori disukai. Anies berada pada urutan ketiga di antara gubernur tersebut.

Anies memiliki angka sebesar 31%, sedangkan Ganjar 53%, dan RK 54%. Dengan begitu, RK menjadi yang paling disukai dibandingkan dengan Ganjar dan Anies.

"Dalam grafik popularitas vs favorabilitas, siapa yang berada di titik paling kanan (paling populer) dan paling atas (paling disukai) memiliki peluang besar untuk: dipilih," tulis Ismail.

"Namun itu bukan satu-satunya ukuran. Karena artis yang sangat terkenal, sangat disukai, belum tentu akan dipilih untuk jadi presiden," katanya.

Tonton video 'Survei Indikator: Elektabilitas Anies Turun, RK-Ganjar Naik':

Selanjutnya
Halaman
1 2