Jadi Justice Collaborator-Dapat Remisi 4 Tahun, Ini yang Diungkap Nazaruddin

Rakhmad Hidayatulloh Permana - detikNews
Rabu, 17 Jun 2020 12:22 WIB
Nazaruddin di Lapas Sukamiskin
Foto: Terpidana kasus Wisma Atlet M Nazaruddin (Dok. Mata Najwa-Trans7-Narasi)
Jakarta -

Mantan Bendahara Umum Partai Demokrat M Nazaruddin akhirnya bebas dari Lapas Sukamiskin, Bandung. Terpidana kasus korupsi Wisma Atlet ini mendapat total remisi 45 bulan 120 hari. Remisi ini salah satunya didapat usai Nazaruddin menjadi Justice Colaborator.

Sebagaimana diketahui, Nazaruddin dipidana kurungan selama 13 tahun untuk 2 kasus. Terkait kasus yang menjeratnya, Nazaruddin telah menjadi JC atau saksi pelaku yang bekerjasama dengan penegak hukum dan mendapat remisi. Nazzaruddin mendapat remisi hingga 4 tahun pejara.

Kasus pertama yang menjerat Nazaruddin yaitu kasus suap wisma atlet di mana Nazaruddin terbukti menerima suap Rp 4,6 miliar dari mantan Manajer Pemasaran PT Duta Graha Indah (DGI) M El Idris. Dalam kasus ini Nazzarudin banyak membongkar keterlibatan mantan Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Anas Urbaningrum dalam kasus ini.

Vonis 4 tahun 10 bulan dan denda Rp 200 juta dibebankan pada Nazaruddin pada 20 April 2012. Namun vonis itu diperberat Mahkamah Agung (MA) menjadi 7 tahun dan denda Rp 300 juta.

Kemudian kasus kedua yaitu berkaitan dengan gratifikasi dan pencucian uang. Dia divonis 6 tahun penjara dan denda Rp 1 miliar karena terbukti secara sah dan meyakinkan menerima gratifikasi dan melakukan pencucian uang untuk sejumlah proyek yang jumlahnya mencapai Rp 40,37 miliar.

Tonton juga video 'Yasonna Perintahkan Setnov dan Nazar Tetap di Sel Palsu!':

Selanjutnya
Halaman
1 2 3