Kepala BPIP hingga Anggota F-PDIP Jenguk Istri Pengawal Bung Karno di RSPAD

ADVERTISEMENT

Kepala BPIP hingga Anggota F-PDIP Jenguk Istri Pengawal Bung Karno di RSPAD

Elza Astari Retaduari - detikNews
Selasa, 16 Jun 2020 19:05 WIB
Tokoh-tokoh jenguk Oma Elizabeth Koesno, Kepala BPIP Yudian Wahyudi, anggota F-PDIP Saderestuwati (Estu), Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDIP, Hardiyanto Kenneth
Istri pengawal Bung Karno, Elizabeth Koesno (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Kisah istri pengawal Presiden RI pertama Sukarno, Elizabeth Koesno, yang sakit banyak mendapat perhatian. Bukan hanya dari Presiden Joko Widodo, bantuan didapat Oma Koesno dari beberapa pihak, termasuk dari Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP).

Cucu Oma Elizabeth, Roland Anziano, mengabarkan ada lima orang rombongan dari BPIP yang menjenguk Oma Koesno di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta Pusat. Rombongan dipimpin oleh Kepala BPIP Prof Yudian Wahyudi. Hadir juga Sekretaris Utama BPIP Karjono Atmoharsono.

"Dari BPIP, Pak ketua (Kepala BPIP) dan Sekretaris Utama," ungkap Roland kepada detikcom, Selasa (16/6/2020).

Oma Elizabeth merupakan janda almarhum Serma R Koesno, salah seorang pengawal Bung Karno. Kisah Oma Koesno viral setelah sang cucu mem-posting kisahnya di media sosial. Oma Koesno, yang akan berulang tahun ke-90 (sebelumnya disebut 93), menderita tulang retak setelah jatuh pada Januari lalu.

Menurut Roland, BPIP memberikan bantuan uang kepada Oma Koesno senilai Rp 25 juta. Selain itu, BPIP akan memberikan bantuan mengurus pensiun dan rumah veteran bagi Oma Koesno lantaran selama ini Elizabeth hidup mengontrak bersama keluarganya.

"Mau bantu urus biar Oma Koesno mendapatkan pensiun dari veteran dan bisa ikut program cicilan rumah veteran biar tidak ngontrak dan numpang hidup sana-sini lagi," kata Roland.

Tokoh-tokoh jenguk Oma Elizabeth Koesno, Kepala BPIP Yudian Wahyudi, anggota F-PDIP Saderestuwati (Estu), Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDIP, Hardiyanto KennethKepala BPIP Yudian Wahyudi beserta rombongan saat menjenguk Oma Koesno. (Foto: dok. Istimewa)

"Karena delapan bintang jasa opa (Serma Koesno) ini sudah lebih dari cukup untuk mengajukan pensiun veteran," sambungnya.

Oma Koesno selama ini tidak mendapat uang pensiunan janda veteran lantaran tidak diurus sejak dulu. Ia menggantungkan hidupnya dari sang cucu, Roland, yang kini kesulitan mencari nafkah imbas pandemi virus Corona (COVID-19).

Selain dari BPIP, rombongan DPR dan DPD RI juga datang menjenguk dan memberikan bantuan kepada Oma Koesno. Roland mengungkapkan neneknya dijenguk oleh anggota Fraksi PDIP DPR Saderestuwati (Estu), yang datang bersama utusan Ketua DPR RI Puan Maharani.

Tokoh-tokoh jenguk Oma Elizabeth Koesno, Kepala BPIP Yudian Wahyudi, anggota F-PDIP Saderestuwati (Estu), Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi PDIP, Hardiyanto KennethAnggota F-PDIP Saderestuwati (Estu) bersama utusan Puan Maharani melihat dokumentasi prestasi Serma R Koesno. (Foto: dok. Istimewa)

"Ibu Estu dan utusan Ibu Puan Maharani dan DPD kasih bantuan uang masing-masing Rp 10 juta," sebut Roland.

Puan, yang merupakan cucu Bung Karno, menyampaikan salam semoga Oma Koesno cepat sembuh. Rombongan DPR dan DPD RI ini juga sempat melihat dokumen dan piagam penghargaan Serma Koesno selama mengabdi kepada negara.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT