Dinkes Aceh: 5 Pasien Corona di Lhokseumawe Tertular dari Transmisi Lokal

Agus Setyadi - detikNews
Senin, 15 Jun 2020 15:08 WIB
Poster
Ilustrasi Corona (Edi Wahyono/detikcom)
Juru Bicara Gugus Tugas COVID-19 Aceh, Saifullah Abdulgani, mengatakan pasien MS dan DL merupakan orang tanpa gejala (OTG) yang dinyatakan positif Corona pada 10 Juni. Pemeriksaan swab tenggorokan keduanya dilakukan di Laboratorium Fakultas Kedokteran, Unsyiah.

"Menyikapi OTG positif COVID-19 itu, tim surveilans Gugus Tugas COVID-19 mengambil swab 23 orang, yang memiliki kontak langsung dengan MS atau DL, anggota keluarga dan teman dekatnya pada 12 Juni 2020 dan dikirim ke Balai Litbangkes Aceh, di Lambaro, Aceh Besar," jelas Saifullah.

Menurutnya, dari pemeriksaan tersebut, diketahui lima di antaranya positif Corona. Saat ini tim Gugus Tugas masih menelusuri riwayat perjalanan MS.

"Tim surveilans Gugus Tugas COVID-19 tengah menelusuri lebih lanjut riwayat terpapar virus Corona MS maupun DL. Ada informasi MS atau DL pernah ke Medan, namun sedang didalami akurasi informasi itu lebih rinci, seperti waktu pergi dan kembali ke Kota Lhokseumawe," ujar Saifullah.

Total ada 27 kasus positif Corona di Aceh. Sebanyak 19 orang di antaranya dinyatakan sembuh, satu meninggal, dan tujuh masih dirawat.

Halaman

(agse/haf)