Pemprov DKI Jelaskan soal Taman yang Masih Tutup di Pekan Kedua PSBB Transisi

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Sabtu, 13 Jun 2020 13:41 WIB
Taman Menteng Jakarta Pusat masih ditutup.
Taman Menteng, Jakarta Pusat, masih ditutup. (Luqman Arunanta/detikcom)
Jakarta -

Sejumlah taman hutan kota di DKI Jakarta masih ditutup hari ini. Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta menjelaskan beberapa kriteria ruang terbuka hijau (RTH) yang bisa dibuka saat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi.

"Dinas Pertamanan dan Hutan Kota akan melakukan pembukaan secara bertahap untuk beberapa lokasi taman serta Taman Margasatwa Ragunan secara bertahap. Hal ini sebagai masa transisi setelah penutupan RTH di masa pandemi COVID-19 ini," ujar Kepala Dinas Pertamanan dan Hutan Kota DKI Jakarta Suzi Marsitawati dalam keterangan yang diterima detikcom, Sabtu (13/6/2020).

Suzi mengatakan RTH memiliki fungsi meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat di masa pandemi. Namun, untuk pembukaan secara bertahap ini, ada beberapa aturan yang harus dipenuhi oleh masyarakat yang hendak berkunjung.

"Oleh karena perlu diatur untuk masyarakat yang akan berkunjung ke RTH, antara lain pembatasan jumlah pengunjung maksimal 50 persen dan jumlah normal disesuaikan kapasitas RTH," ujar Suzi.

"Menggunakan masker saat berkunjung ke RTH. Mencuci tangan dan membawa hand sanitizer. Menjaga jarak di antara orang kurang-lebih 2 meter. Tidak berkunjung dengan kondisi sakit atau suhu tubuh lebih dari 37,5 derajat Celsius," lanjutnya.

Lansia di atas 60 tahun dan anak di bawah 9 tahun tidak diperkenankan berkunjung ke RTH. Larangan itu juga berlaku pada pengidap penyakit bawaan, seperti diabetes hingga gagal ginjal.

"Tidak berkunjung ke RTH untuk usia di atas 60 tahun dan anak-anak (0-9 tahun) atau juga warga yang mempunyai penyakit bawaan atau komplikasi lainnya, seperti diabetes, jantung, gagal ginjal, pernapasan, dan lainnya," ungkapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2