Anies Cek Kesiapan Ancol Jelang Dibuka 20 Juni

M Ilman Nafi'an - detikNews
Sabtu, 13 Jun 2020 12:32 WIB
Anies cek kesiapan Kawasan Ancol sebelum dibuka kembali
Anies mengecek kesiapan Kawasan Ancol sebelum dibuka kembali. (Ilman/detikcom)
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi Dunia Fantasi (Dufan) di Taman Impian Jaya Ancol, Jakarta Utara. Kunjungan itu bertujuan untuk meninjau kesiapan Ancol menjelang dibuka pekan depan.

Dengan menggunakan busana kasual, Anies menjajal salah satu wahana yang ada di Dufan, Sabtu (13/6/2020). Wahana yang dipilih adalah New Ontang Anting.

"Sebelum kita memutuskan untuk melakukan transisi, yang dicek adalah fasilitas kesehatan karena itu bagian dari keputusan. Fasilitas kesehatan kita alhamdulillah siap, aman, tenaga kesehatan juga. Lalu kedua kita mulai transisi, dan transisi itu pembukaannya bertahap, ada yang dibuka awal, ada yang dibuka tengah, dan ada yang dibuka di akhir," ujar Anies sebelum melakukan kunjungan ke Ancol.

"Yang dibuka di awal adalah tempat ibadah, sesudah itu perkantoran, kegiatan perempuan yang dibuka di fase ini lebih akhir adalah tempat wisata, salah satunya Ancol dan Ragunan," sambungnya.

Dalam kunjungannya, Anies ditemani oleh Direktur Utama PT Pembangunan Jaya Ancol Teuku Sahir Syahali. Sebelum wahana dimainkan, suasana akrab tampak terjalin di antara keduanya.

Pihak pengelola juga telah memberi garis silang di kursi New Ontang Anting tanda jaga jarak sebagai bentuk protokol kesehatan untuk menghindari penyebaran virus Corona (COVID-19). Selain Anies dan Sahir, ada rombongan lain menaiki New Ontang Anting itu.

Sebelum mencoba New Ontang Anting, mantan Mendikbud itu terlebih dahulu mengikuti diskusi yang ada di Dufan. Diskusi tersebut membahas mengenai kesiapan tempat wisata dibuka kembali pada masa pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi.

Anies menilai pihak manajemen Ancol sudah menerapkan protokol dan SOP yang baik.

"Saya lihat protap yang disiapkan di Ancol untuk bisa berkegiatan lagi sesuai dengan protokol kesehatan yang ada," tutur Anies.

Kawasan Wisata Terpadu Taman Impian Jaya Ancol direncanakan dibuka pada Sabtu, 20 Juni mendatang. Selama masa transisi ini, tidak semua wahana di Taman Impian Jaya Ancol akan dibuka. Selain itu, jam operasional tetap dibatasi.

Dalam keterangan tertulis, Direktur Utama PT Taman Impian Jaya Ancol Teuku Sahir Syahali memastikan kawasan Ancol akan menerapkan sejumlah prosedur dan protokol kesehatan selama pandemi Corona. Manajemen menerapkan pembatasan jumlah pengunjung, yakni hanya 50persen dari batas normal.

Selain itu, anak di bawah umur 5 tahun, ibu hamil, dan lansia dengan kategori di atas 50 tahun tidak diperbolehkan datang ke Kawasan Wisata Ancol selama masa transisi. Pengunjung juga harus melakukan reservasi atau beli tiket secara online karena tidak ada penjualan tiket di loket.

(elz/ear)