BMKG: Siklon Tropis Nuri Terbentuk di Laut China Selatan, Waspada Hujan Lebat

Lisye Sri Rahayu - detikNews
Sabtu, 13 Jun 2020 08:39 WIB
Ilustrasi Hujan Deras Angin Kencang Genangan Air
Ilustrasi (Zaki Alfarabi/detikcom)
Jakarta -

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengatakan siklon tropis Nuri terbentuk di Laut China Selatan sebelah barat Filipina sejak Jumat kemarin. BMKG memprediksi hujan lebat hingga tiga hari ke depan, sehingga masyarakat diminta waspada.

"Tanggal 12 Juni 2020 jam 19.00 WIB, siklon tropis Nuri terbentuk di sekitar Laut China Selatan sebelah barat Filipina. Intensitasnya cenderung menguat hingga 24 jam ke depan dan bergerak ke arah barat laut, semakin menjauhi wilayah Indonesia," ujar Deputi Bidang Meteorologi BMKG Herizal dalam keterangannya, Sabtu (13/6/2020).

Herizal menyebut beberapa hari terakhir hujan sedang hingga lebat terjadi di sejumlah wilayah di Indonesia. Bahkan berakibat banjir di sejumlah wilayah.

"Beberapa hari terakhir, kejadian hujan sedang-lebat terjadi di wilayah Indonesia. Bahkan di beberapa wilayah telah memicu bencana banjir, seperti yang terjadi pada 11 Juni 2020 di Kecamatan Bone, Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo," katanya.

Hujan lebat ini, kata Herizal, dipicu oleh adanya gelombang atmosfer karena adanya bibit siklon Nuri di sebelah barat Filipina.

"Kondisi hujan lebat tersebut dipicu oleh adanya dinamika gelombang atmosfer (Gelombang Rossby) di sekitar wilayah Indonesia dan belokan angin yang terbentuk karena adanya bibit siklon tropis yang menguat menjadi siklon tropis Nuri di sekitar Laut China Selatan sebelah barat Filipina," ungkapnya.

Berdasarkan fenomena itu, BMKG memprediksi potensi terjadinya hujan ekstrem di sejumlah wilayah hingga 3 hari ke depan, sehingga masyarakat diimbau waspada.

"BMKG terus memantau perkembangan potensi cuaca ekstrem di wilayah Indonesia. Masyarakat diimbau tetap berhati hati pada potensi angin kencang dan hujan lebat yang masih berpeluang terjadi di beberapa wilayah serta mewaspadai potensi dampak seperti banjir, tanah longsor dan banjir bandang," ungkapnya.

Berikut data dari BMKG terhadap potensi hujan lebat akibat tumbuhnya siklon tropis Nuri dapat terjadi di wilayah:

- Aceh

- Sumatera Utara

- Kalimantan Utara

- Sulawesi Tengah

Tonton juga 'BMKG Bekali Petani Informasi Cuaca Hadapi Cuaca Ekstrem':

[Gambas:Video 20detik]

(lir/hri)