Polda Kalbar Ungkap Kasus Pencurian Brankas Isi Rp 800 Juta, Dua Pelaku Diamankan

Adi Saputro - detikNews
Jumat, 12 Jun 2020 23:47 WIB
Polda Kalbar mengamankan dua pelaku pencurian brankas di Pontianak.
Polda Kalbar mengamankan dua pelaku pencurian brankas di Pontianak. (Foto: dok. Istimewa)
Jakarta -

Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Kalbar mengungkap kasus pencurian brankas di Jalan Siam, Pontianak. Brankas tersebut berisi uang Rp 800 juta.

"Diawali dari adanya laporan masyarakat mengenai kasus pencurian uang tunai Rp 800 juta dalam sebuah brankas di salah satu rumah di Jalan Siam Pontianak. Korban bernama EY," kata Direskrimum Polda Kalbar Kombes Veris Septiansyah dalam keterangan tertulisnya, Jumat (12/6/2020).

Setelah dilakukan penyelidikan, pelaku melarikan diri ke wilayah Sampit, Kalimantan Tengah. Polisi kemudian menemukan pelaku berinisial ZA. Pelaku lalu mengakui perbuatannya, sementara uang yang dicuri telah dibagikan kepada rekannya.

"Setelah dilakukan penyelidikan, didapatlah bahwa tersangka melarikan diri menuju Sampit, Kalimantan Tengah. Tim langsung bergerak ke sana. Dari uang tunai Rp. 800 juta tersebut, pelaku membaginya kepada rekannya A sebesar Rp 383 juta dan kepada rekan D sebesar Rp 314 juta. Dan sisanya digunakan untuk keperluan pribadi pelaku," ujar Veris.

Setelah dilakukan pengembangan, polisi mengamankan lagi pelaku berinisial A yang menerima uang hasil curian. Pelaku A diamankan di Jalan Perdana, Pontianak. Dari tangan A, polisi mendapatkan barang bukti uang tunai Rp 42 juta dari nominal yang diterima.

"Saat ini tim masih lakukan pengembangan kasus untuk menelusuri uang hasil curian tersebut. Sementara itu, yang diamankan 2 tersangka dengan barang bukti uang tunai Rp 42 juta," ujar Veris.

(eva/eva)