Pasien COVID-19 dengan Riwayat Hipertensi di Balikpapan Meninggal Dunia

Suriyatman - detikNews
Jumat, 12 Jun 2020 15:07 WIB
RSUD Kota Bekasi, Jawa Barat, menggelar simulasi penanganan pasien virus corona. Begini prosesnya.
Foto ilustrasi: Tidak perhubungan dengan berita. (Agung Pambudhy/detikcom)
Balikpapan -

Tim Gugus Tugas Percepatan dan Penanganan COVID-19 Kota Balikpapan mengatakan ada satu pasien COVID-19 yang meninggal dunia dengan kode BPN 83. Pasien tersebut meninggal akibat penyakit bawaan yang dideritanya, yakni hipertensi.

"Pasien positif COVID-19 di Kota Balikpapan meninggal pada Jumat (12/06) pagi, sekitar pukul 05.45 Wita. Pasien adalah BPN 83," kata Rijal Effendi, Wali Kota Balikpapan, Jumat (12/6/2020) siang.

BPN 83, lanjut Rijal, masuk Rumah Sakit Kanudjoso Djatiwibowo, Balikpapan, pada 7 Juni 2020 dengan keluhan sesak napas dan demam. Selanjutnya dilakukan rapid test. Hasilnya reaktif dan ditetapkan sebagai pasien dalam pengawasan (PDP).

Kemudian, untuk memastikan, dilakukan tes cepat molekuler (TCM) dan hasilnya positif telah terinfeksi COVID-19. Selain itu, pasien memiliki penyakit bawaan, yakni stroke non-hemoragik dan gagal napas.

"Kondisinya terus menurun dalam dua minggu terakhir, dan pada Jumat Subuh, korban dilaporkan meninggal dunia dan pasien sudah kami kuburkan sesuai dengan protokol kesehatan COVID-19 tadi pagi. Kami turut berduka sedalam-dalamnya," kata Rizal.

Selanjutnya
Halaman
1 2