Tari dan Nyanyi, Begini Cara Unik RS di Polman Lepas Pasien Sembuh Corona

Abdy Febriady - detikNews
Kamis, 11 Jun 2020 21:49 WIB
Dokter dan perawat di RS Pratama Wonomulyo Polman menari dan menyanyi saat melepas kesembuhan pasien Corona (Abdy Febriady/detikcom)
Dokter dan perawat di RS Pratama Wonomulyo, Polman, menari dan menyanyi saat melepas pasien yang pulang setelah sembuh dari Corona (Abdy Febriady/detikcom)
Polewali Mandar -

Para perawat dan dokter di Rumah Sakit (RS) Pratama Wonomulyo, Kabupaten Polewali Mandar, memiliki cara unik melepas kepulangan pasien Corona yang dinyatakan sembuh. Mereka bernyanyi dan menari di hadapan para pasien.

Mereka menggelar tarian khusus serta melantunkan lagu perpisahan sebagai bentuk dukungan semangat kepada pasien yang akan pulang. Para pasien telah menjalani perawatan belasan hari di rumah sakit akibat Corona.

Kegiatan yang berlangsung di lobi RS Pratama Wonomulyo itu menarik perhatian, khususnya para pasien. Mereka bahagia dan terharu lantaran tidak menduga akan mendapat kejutan berupa aksi yang dipertontonkan para perawat dan dokter.

Tercatat ada sedikitnya lima pasien Corona di rumah sakit ini yang dipulangkan setelah dinyatakan sembuh. Dari lima pasien, dua di antaranya positif swab dan tiga positif rapid test.

Dokter dan perawat di RS Pratama Wonomulyo Polman menari dan menyanyi saat melepas kesembuhan pasien Corona (Abdy Febriady/detikcom)Para pasien diberi surat keterangan hasil laboratorium yang menyatakan mereka negatif Corona (Abdy Febriady/detikcom)


"Pasien pulang pada hari ini, ada yang statusnya swab positif dan rapid positif. Yang rapid positif kami tetap swab dan menghasilkan swab negatif. Yang swab positif yang dinyatakan sembuh satu dari kluster Kandemeng dan Kebunsari," jelas Direktur RS Pratama Wonomulyo, drg Sri Harni, Kamis (11/6/2020) sore.

Kendati demikian, Sri Harni mengaku masih akan melakukan intervensi terhadap pasien yang telah dinyatakan sembuh. Para pasien akan dicek secara rutin.

"Masih kita intervensi. Kami akan imbau pihak puskesmas melakukan pengecekan secara rutin, protap kesehatan tetap harus dijalankan oleh pasien sembuh, termasuk kembali melakukan isolasi mandiri di rumah masing-masing selama 14 hari, mencegah kontak-kontak yang tidak diinginkan," katanya.

Sebelum dipulangkan, para pasien terlebih dahulu mendapat surat keterangan hasil laboratorium yang menyatakan mereka negatif Corona.

(jbr/jbr)