2 Pedagang Pasar Rawa Kerbau Cempaka Putih Jakpus Positif Corona

Tim detikcom - detikNews
Rabu, 10 Jun 2020 08:08 WIB
Ilustrasi Corona
Foto ilustrasi. (dok. iStock)
Jakarta -

Dua pedagang dari Pasar Rawa Kerbau, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, dinyatakan positif virus Corona (COVID-19). Hasil itu didasari swab test yang dilakukan petugas puskesmas.

"Hasilnya sudah keluar, dua orang dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan swab test," kata Kepala Puskesmas Cempaka Putih, Dicky Alsadik, seperti dilansir Antara, Rabu (10/6/2020).

Swab test dilaksanakan terhadap 50 pedagang di Pasar Rawa Kerbau dari hasil pendataan pihak Kecamatan Cempaka Putih pada pekan lalu.

Dicky mengatakan penanganan dua pedagang itu dilakukan melalui koordinasi dengan kecamatan lain karena keduanya bukan warga asli Kecamatan Cempaka Putih.

"Kami sudah koordinasi dengan pihak camat tempat tinggal mereka. Sekarang mereka sudah dikarantina di rumah masing-masing," ucap Dicky.

Lebih lanjut, Puskesmas Cempaka Putih melakukan tracing terkait kegiatan kedua pedagang, khususnya interaksi dengan warga lainnya, untuk mengecek persebaran Corona dari kedua pedagang itu.

"Kita lacak ini pedagang yang positif sudah interaksi sama siapa aja, ke mana saja. Keluarganya, rekan kerjanya juga kami periksa," ujar Dicky.

Untuk diketahui, dua kelurahan yang berada di bawah wilayah administrasi Kecamatan Cempaka Putih, yaitu Cempaka Putih Timur dan Cempaka Putih Barat, masing-masing memiliki angka kasus COVID-19 sebanyak 48 dan 44 kasus.

Untuk memastikan kondisi persebaran COVID-19 di wilayah Cempaka Putih, akhirnya pihak kecamatan berinisiatif melakukan pemeriksaan di fasilitas-fasilitas umum, seperti pasar, yang tetap ramai meski pembatasan sosial telah diberlakukan.

Simak video 'Mengapa Corona Masih Belum Berakhir? Ini Kata WHO':

(rfs/knv)