Round-Up

Kejutan Kenaikan Elektabilitas Ganjar-RK dalam Survei di Masa Pandemi

Tim detikcom - detikNews
Selasa, 09 Jun 2020 09:09 WIB
Repro foto Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo (dok. detikcom)
Foto: Repro foto Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo (dok. detikcom)
Jakarta -

Hasil survei pemilihan presiden yang dirilis oleh Lembaga Survei Indikator Politik menyodorkan kejutan. Elektabilitas Ridwan Kamil dan Ganjar Pranowo mengalami kenaikan selama masa pandemi Corona (COVID-19).

Survei dilakukan melalui wawancara via sambungan telepon. Dengan asumsi metode simple random sampling, ukuran sampel 1.200 responden memiliki toleransi kesalahan (margin of error) sekitar ±2.9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Survei digelar pada 16-18 Mei 2020 terhadap 1.200 responden yang dipilih secara acak dari kumpulan sampel acak survei tatap muka langsung yang yang dilakukan Indikator Politik Indonesia pada rentang Maret 2018 hingga Maret 2020.

Survei ini menggunakan pertanyaan 'Jika pemilihan presiden diadakan sekarang, siapa yang akan Ibu/Bapak pilih sebagai presiden di antara nama-nama berikut ini?'. Hasilnya, nama Menhan Prabowo Subianto ada di posisi teratas dengan 14,1% suara. Namun, angka ini turun dari periode survei sebelumnya pada Februari.

Sejumlah nama lain yang masuk dalam survei adalah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (RK). Dua nama elektabilitasnya mengalami kenaikan. Namun, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan beberapa tokoh lain justru mengalami penurunan elektabilitas dibanding yang mereka peroleh di Februari 2020.

"Jika Pilpres diadakan sekarang, belum ada tokoh yang dominan. Dibandingkan survei Februari 2020 yang menempatkan Prabowo paling atas dan dengan selisih signifikan, kini dukungan relatif berimbang," tulis Indikator.

Survei Indikator: Elektabilitas Anies Turun, RK-Ganjar Naik: