Polisi Sebut Kepadatan Lalin Meningkat 13% di Hari Pertama Perkantoran Buka

Matius Alfons - detikNews
Selasa, 09 Jun 2020 06:15 WIB
Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Condro
Foto: Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Condro (Wilda Hayatun Nufus/detikcom)
Jakarta -

Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mencatat adanya kenaikan 13 persen terkait kepadatan lalu lintas pada hari pertama perkantoran buka di masa PSBB transisi DKI Jakarta. Ditlantas Polda Metro pun sudah melakukan sejumlah langkah terkait peningkatan tersebut.

"Iya ada peningkatan, hari ini (8/6) lebih padat dari hari biasanya," kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dihubungi, Senin (8/6/2020) malam.

Sambodo mengatakan ada peningkatan hampir mencapai 13 persen di sejumlah titik di DKI Jakarta. Kepadatan ini diduga karena mulai normalnya kegiatan perkantoran di DKI Jakarta.

"Belum saya hitung pastinya, perkiraan saya penigkatan ini sampai 8 hingga 13 persen," ucap Sambodo.

Untuk menghadapi peningkatan kepadatan lalin, Sambodo menyebut pihaknya telah melakukan sejumlah rekayasa lalu lintas. Salah satunya yakni memberlakukan kembali contra-flow di Tol Dalam Kota.

"Contra flow di toll kota dari arah Cawang menuju Semanggi diaktifkan lagi, (untuk jalur arteri) penempatan personel lalu lintas tetap ada di lapangan, tidak pernah ditarik," ujarnya.

Seperti diketahui, Tol Bekasi arah Jakarta macet pagi ini sejak Jatiwaringin. Kemacetan saat itu terjadi sepanjang 2 kilometer akibat kepadatan volume kendaraan.

"Jatiwaringin menuju ke arah Halim ini masih diinformasikan kepadatan volume kendaraan," ujar petugas call center Jasa Marga, Dwi saat dihubungi, Senin (8/6).

Selain itu, Arus lalu lintas di Jalan Mampang Prapatan Raya arah Kuningan juga terpantau padat. Pantauan detikcom di lokasi pukul 07.45 WIB, jumlah kendaraan nampak lebih banyak dibanding masa PSBB sebelumnya. Kendaraan baik mobil dan sepeda motor saling berjejal mengisi ruang jalan.

(maa/zap)