Banyak Warga Bayar Pajak Kendaraan, Antrean Keluar Polda Metro Mengular

Tim detikcom - detikNews
Senin, 08 Jun 2020 13:34 WIB
Antrean warga keluar dari Markas Polda Metro
Antrean warga keluar dari Markas Polda Metro (Tiara Aliya Azzahra/detikcom)
Jakarta -

Antrean kendaraan bermotor mengular di loket pintu keluar Markas Polda Metro Jaya, Sudirman, Jakarta, siang ini. Antrean terjadi karena banyaknya warga yang membayar pajak kendaraan bermotor (PKB) di Samsat Polda Metro Jaya.

Pantauan detikcom pada Senin (8/6/2020) pukul 12.20 WIB, antrean kendaraan bermotor mengular sepanjang 100 meter. Mereka mengatre untuk bisa keluar dari wilayah Polda Metro Jaya.

Khusus untuk motor, ada dua loket pembayaran parkir yang beroperasi. Satu loket melayani pengendara motor dari arah Kantor Bersama Pelayanan Satu Atap Polda Metro Jaya. Loket lainnya dari arah Gedung Utama Polda Metro Jaya.

Tampak Setiap motor mengantre dengan saling berdekatan. Hanya ada beberapa petugas parkir yang mengatur jalan.

Namun, para penumpang maupun pengemudi motor tetap menggunakan masker saat mengantre. Semakin mendekat dengan loket, barulah terlihat motor tertib mengantre dalam 1 barisan.



"Ini mau keluar, abis ngurus pajak," kata salah seorang pengendara motor saat ditemui detikcom di Polda Metro Jaya, Senin (8/6).

Seorang petugas penjaga loket, Yudistira, mengatakan penumpukan kendaraan ini terjadi karena banyaknya wajib pajak yang datang ke kantor Samsat Polda Metro.

"Jadi ini penumpukan kendaraan roda dua terjadi karena penumpukan pembayaran pajak. Karena kemarin adanya pandemi COVID-19 selama pandemi masyarakat kan PSBB dilarang keluar baru berkumpul, jadi sekarang pelayanan buka mungkin karena dikasih batas waktu 1 bulan dari pajak yang harus diperpanjang jadi sekarang masyarakat berbondong-bondong untuk perpanjang pajak kedaraan mereka," kata Yudistira.

Yudistira mengatakan warga sudah antre bayar pajak sejak pagi sebelum kantor Samsat dibuka.

"Untuk masyarakat yang bayar pajak mulai masuk dari pukul 5.30 WIB, tapi pelayanannya buka jam 08.00 WIB pagi," lanjut Yudistira.



Kasubdit Regident Polda Metro Jaya AKBP Yogi mengakui banyaknya warga yang membayar pajak di Samsat Polda Metro Jaya. Yogi mengakui adanya lonjakan wajib pajak yang melakukan pembayaran pajak sejak pagi tadi.

"Hari ini memang ada kenaikan jumlah masyarakat yang membayar PKB," kata Yogi.

Selain itu, menurut Yogi, antrean di pintu keluar terjadi karena sirkulasi di gate kurang memadai.

"Sirkulasi kendaraan keluar di gate parkir agak lambat juga. Anggota sudah membantu mempercepat," tutur Yogi.

(mei/mei)