DPR Usul Pasien Corona Jatim Dirawat di RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran

Tim detikcom - detikNews
Sabtu, 06 Jun 2020 13:52 WIB
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad berkunjung ke kantor Kadin
Wakil Ketua DPR Sufmi Dasco Ahmad (Foto: dok. DPR.go.id)
Jakarta -

DPR RI mengusulkan pasien positif virus Corona (COVID-19) di Jawa Timur (Jatim) dirawat RS Darurat Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta. Usulan ini disampaikan karena membeludaknya pasien Corona yang dirawat di sejumlah RS Jatim.

"Sehubungan banyaknya penderita COVID-19 di Jawa Timur dan sudah penuhnya kapasitas rumah sakit yang ada di sana, untuk itu DPR RI mengusulkan kepada pemda Jawa Timur untuk pasien COVID bisa dialihkan ke Wisma Atlet di Jakarta yang dikelola oleh BUMN," kata Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad kepada wartawan, Sabtu (6/6/2020).

Dasco mengatakan usulan ini telah dikoordinasikan dengan kementerian terkait. Rencananya, pasien Corona asal Jatim akan diangkut menggunakan pesawat Garuda menuju Jakarta.

"Tadi sudah dikoordinasikan oleh Kementerian BUMN bahwa pesawat Garuda akan disiapkan untuk mengangkut, lalu membawa pasien COVID dan dirawat sampai sembuh di Wisma Atlet Jakarta, Kemayoran," ujar Dasco.

Lebih lanjut Dasco mengungkapkan alasan usulan DPR tersebut. Membangun RS untuk penanganan Corona di Jatim akan memakan cukup banyak waktu, sedangkan jumlah pasien Corona meningkat.

"Karena, kalau membangun lagi rumah sakit atau menyiapkan, butuh waktu minimal 1,5 bulan, sementara kebutuhan mendesak agar penderita COVID-19 bisa dirawat," ucapnya.

Tonton juga 'Kasus Corona di RI Tambah 703, Jatim Paling Banyak':

[Gambas:Video 20detik]

Selanjutnya
Halaman
1 2