Anies Keluarkan Pergub Pedoman Pelaksanaan PSBB Transisi

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 05 Jun 2020 22:24 WIB
Menggunakan masker, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan melaksanakan ibadah salat Jumat di Masjid Fatahillah Balai Kota, Jakarta di hari pertama masa PSBB transisi, Jumat (5/6).
Foto: Rengga Sancaya/detikcom
Jakarta -

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengeluarkan peraturan gubernur (pergub) tentang pembatasan sosial berskala besar (PSBB) masa transisi. Pergub itu menjadi pedoman bagi pemerintah dan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan.

Dilihat detikcom, Jumat (5/6/2020), aturan itu merupakan Pergub Nomor 51 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar pada Masa Transisi Menuju Masyarakat Sehat, Aman, dan Produktif. Pergub tersebut ditandatangani oleh Gubernur Anies pada 4 Juni 2020.

"Peraturan Gubernur ini dimaksudkan sebagai panduan bagi semua pemangku kepentingan dalam menerapkan protokol kesehatan secara ketat menuju masyarakat yang aman, sehat, dan produktif," tulis pasal 2 pergub tersebut.


Dalam Pasal 4 ayat 3, disebutkan beberapa kegiatan dan aktivitas yang diatur dalam PSBB masa transisi tersebut. Pasal tersebut berbunyi:

Pemberlakuan Masa Transisi sebagaimana dimaksud pada ayat (1), dilaksanakan secara bertahap terhadap kegiatan/
aktivitas meliputi:

a. pembelajaran di sekolah dan/atau institusi Pendidikan
lainnya;
b. kegiatan keagamaan di tempat ibadah;
c. aktivitas bekerja di tempat kerja;
d. kegiatan di tempat/fasilitas umum
e. kegiatan sosial dan budaya; dan
f. pergerakan orang dan barang menggunakan moda transportasi

(aik/zul)