ABK Madani Nusantara Positif Corona, 40 Rekannya Diisolasi di Kapal

Suriyatman - detikNews
Jumat, 05 Jun 2020 19:40 WIB
Poster
ilustrasi Corona. (Foto: Edi Wahyono)
Samarinda -

Seorang anak buah kapal (ABK) Madani Nusantara di Kalimantan Timur (Kaltim) dinyatakan positif virus Corona (COVID-19). Alhasil, seluruh rekan dari ABK tersebut harus menjalani isolasi di kapal.

"BPN 72 (26) merupakan kasus ODP ABK Madani Nusantara yang ditetapkan DPJP dan Dinkes Kota Balikpapan. Kasus dirawat di RSUD Kanudjoso Djatiwibowo sejak terkonfirmasi COVID019 pada hari ini," kata Plt Kepala Dinas Kesehatan Kaltim, Andi M Ishak melalui aplikasi Zoom, Jumat (5/6/2020) petang.

Andi mengatakan seluruh rekan dari ABK tersebut telah menjalani pemeriksaan swab. Kini, pihak Dinkes Kaltim sedang menunggu hasil pemeriksaan tersebut.

"Seluruhnya telah dilakukan isolasi di atas kapal dan 40 orang ABK telah dilakukan tes swab. Saat ini kami masih menunggu hasil pembacaan sampel ini di PCR," jelas Andi.

Namun demikian, Andi enggan menjelaskan rute kapal Madani Nusantara tersebut. Yang jelas, sebut dia, Madani Nusantara merupakan kapal barang.

"Mohon maaf, untuk rute kami belum dapat kejelasannya. Yang dapat kami info kan, kapal itu adalah kapal barang. Kami juga masih mendalami kasus ini ke Balikpapan. Kapal Madani Nusantara tambat ke Kota Minyak sekitar 1 minggu ini," ungkapnya.

(zak/zak)