Kabakamla: Kapal Ikan Vietnam Sudah Beroperasi Lagi di Laut Natuna

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 05 Jun 2020 19:18 WIB
Kepala Bakamla Laksdya Aan Kurnia (Andhika Prasetia/detikcom)
Foto: Kepala Bakamla Laksdya Aan Kurnia (Andhika Prasetia/detikcom)
Jakarta -

Kepala Badan Keamanan Laut (Bakamla), Laksamana Madya Aan Kurnia mengungkapkan situasi terbaru di perairan Natuna. Aan mengatakan selama satu bulan terakhir kapal-kapal ikan dari Vietnam sudah mulai beroperasi di wilayah overlaping perairan Natuna.

"Izinkan saya cerita sedikit situasi di Laut Natuna sekarang. Jadi, di situ ada unsur kita, ada Angkatan Laut, ada Bakamla, ada KKP. Kemudian di situ ada daerah overlaping yang belum sepakat antara kita dengan Vietnam," kata Aan dalam webinar bertajuk 'Penguatan Sistem Keamanan Laut di Indonesia', Jumat (5/6/2020).

"Dan di situ permasalahannya, Vietnam saat ini sudah setiap hari hadir di sana, di daerah overlaping yang belum clear dengan Indonesia. Lalu mereka sudah mengoperasikan kapal-kapal ikannya di sana," sambungnya.

Aan juga menyinggung terkait keberadaan 30 kapal nelayan dari Pantura yang dikirim untuk melaut di Natuna. Dia menyebutkan para nelayan tersebut memilih untuk dipulangkan kembali, bahkan sebelum 30 hari melaut di perairan tersebut.

"Kita kemarin sudah mencoba mengirimkan 30 nelayan dari Pantura yang mempunyai gross ton antara 100 hingga 150. Kenyataanya belum sampai sebulan dia sudah minta kembali. Sedangkan mereka (kapal ikan Vietnam) bisa tiap hari di situ. Permasalahannya juga saudara-saudara kita, nelayan di Natuna itu kapalnya hanya 5 hingga 10 ton. Jadi, intinya kita belum bisa memanfaatkan sumber daya alam di Natuna," tutur Aan.

Selanjutnya
Halaman
1 2