Gubsu Edy Bicara Kemungkinan New Normal Diterapkan 1 Juli

Ahmad Arfah - detikNews
Jumat, 05 Jun 2020 15:01 WIB
Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah (Ahmad Arfah-detikcom)
Foto: Edy Rahmayadi dan Musa Rajekshah (Ahmad Arfah-detikcom)

Meski demikian, Edy mengatakan belum tentu para siswa bakal kembali belajar di sekolah pada 1 Juli nanti. Dia mengatakan saat ini pihaknya masih mencari sistem yang tepat agar para siswa bisa belajar dengan aman di tengah pandemi Corona.

"Tanggal 1 Juli bukan dimulai, tanggal 1 Juli adalah penerapan normal baru. Apakah dalam penerapan normal baru ini terus anak sekolah disekolahkan? Belum tentu, ini terus kita cari sistem yang tepat dalam pendidikan," ucapnya.

Selain itu, Wagub Sumut, Musa Rajekshah (Ijeck), mengatakan penyusunan konsep new normal dilakukan karena pembatasan aktivitas masyarakat tak mungkin dilakukan selamanya. Hal itu, kata Ijeck, bisa mengganggu kondisi ekonomi hingga psikologis warga.

"Seperti sekarang ini kan aktivitas masyarakat masih sangat-sangat terbatas, kan nggak boleh seperti ini terus. Ini kan mengganggu perekonomian, psikologis dan lainnya. Ini kan harus bisa aktivitas kembali ke semula, tapi kan tak bisa juga keadaan yang semula. Makanya itulah kehidupan normal baru, itu yang harus kita susun, seperti apa dunia pendidikan, seperti apa dunia usaha, seperti apa juga dalam orang beribadah, itu yang perlu kita susun dan kita dengar dulu dari semua pihak dan semua daerah. Biar nggak salah," ucap Ijeck.

Dia mengatakan sudah ada sejumlah saran yang masuk dan pembahasan bakal terus dilakukan hingga. Ijeck juga kembali menegaskan aktivitas belajar mengajar tatap muka baik di perguruan tinggi maupun sekolah belum diizinkan oleh Pemprov.

"Belum. Anak sekolah juga belum," ujarnya.

Halaman

(haf/haf)