Senangnya Warga Bisa Salat Jumat Berjemaah Lagi di Masjid Sunda Kelapa

Tim Detikcom - detikNews
Jumat, 05 Jun 2020 14:57 WIB
Jemaah salat Jumat perdana di Masjid Sunda Kelapa setelah PSBB di DKI diberlakukan.
Jemaah salat Jumat perdana di Masjid Sunda Kelapa sejak PSBB di DKI diberlakukan. (Kadek/detikcom)
Jakarta -

Masjid Agung Sunda Kelapa yang berada di Jakarta Pusat kembali menggelar salat Jumat setelah DKI memutuskan menerapkan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) transisi. Masyarakat pun merasa senang.

Pantauan detikcom di Jalan Taman Sunda Kelapa, Menteng, Jakarta Pusat, salat Jumat dimulai pukul 12.25 WIB, Jumat (5/5/2020). Sebelum salat dimulai, Imam masjid memberikan imbauan protokol kesehatan menggunakan pengeras suara.

Jemaah yang hadir terlihat mematuhi protokol kesehatan. Mereka membawa sajadah masing-masing dan menggunakan masker.

Setelah melaksanakan salat Jumat berjemaah, mereka keluar masjid secara bergantian. Salah seorang anggota jemaah bernama Raihan (23) merasa adanya perubahan setelah selama beberapa bulan terakhir salat Jumat di rumah imbas pandemi virus Corona (COVID-19).

"Perasaannya merasa ada yang berubah karena selama ini kita kan ngerasain salat Jumat tuh salat Zuhur melulu di rumah bersama keluarga, tapi sekarang ada suasana berbeda atau istilahnya seperti dulu-dulu lagi sebelum melakukan salat Zuhur di rumah," kata Raihan saat ditemui di lokasi.

"Mungkin ini istilahnya setruman dari jemaah, istilahnya kan biasanya padat ramai sekarang dengan jarak yang masing-masing satu meter ya pasti ada sedikit berbeda untuk saat ini," sambungnya.

Jemaah salat Jumat perdana di Masjid Sunda Kelapa setelah PSBB di DKI diberlakukan.Osmar memakai batik dan masker merah. (Kadek/detikcom)

Masih di lokasi yang sama, jemaah lainnya bernama Sigit (35) merasa senang karena salat Jumat kembali digelar. Dia mengungkapkan, masjid Agung Sunda Kelapa yang berdekatan dengan tempat kerjanya menjadi salah satu masjid favorit.

"Saya sangat senang setelah beberapa minggu kita tidak bisa salat di sini ini kebetulan masjid favorit saya, kebetulan kantor saya deket sini, jadi saya merasa senang masjid ini bisa kembali dibuka dan masjid-masjid lain terutama, sehingga kegiatan ibadah itu bisa dilakukan berjamaah meski sangat terbatas. Pada intinya saya sangat senang, semoga tidak ada wabah yang naik lagi sehingga bisa berjalan lagi," ujar Sigit.

Sementara anggota jemaah bernama Osmar (45) mengucap syukur atas dibuka-nya kembali Masjid Agung Sunda Kelapa. Dia mengatakan sudah mengharapkan adanya salat Jumat berjemaah di masjid setelah hampir 3 bulan lamanya masjid ditutup.

"Ya alhamdulillah sudah dilaksanakan, bagus justru kita memang mengharapkan ini segera dibuka karena kan memang kita sudah lama nggak Jumatan," ucap Osmar dalam kesempatan yang sama.

Osmar menginginkan agar masjid tetap selalu dibuka untuk melaksanakan salat berjamaah. Dia juga berharap meski masjid dibuka, tidak ada lagi kasus Corona baru.

"Tapi kalau bisa selanjutnya terus (dibuka), mudah-mudahan ya nggak ada yang terkena Corona ya," tuturnya

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengumumkan memperpanjang masa PSBB di wilayah Jakarta dengan status transisi. Mulai pekan ini, sejumlah rumah ibadah bisa kembali membuka peribadatan untuk masyarakat dengan protokol kesehatan dan sejumlah imbauan.

(ear/elz)