Masjid Baitul Faizin Bogor akan Gelar Jumatan Lagi dengan Protokol COVID

Sachril Agustin Berutu - detikNews
Jumat, 05 Jun 2020 11:24 WIB
Masjid Agung Baitul Faidzin di Komplek Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Foto: Masjid Agung Baitul Faidzin di Komplek Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor (Sachril Agustin Berutu/detikcom)
Bogor -

Masjid bisa diaktivasi kembali saat pembatasan sosial berskala besar (PSBB) parsial di Kabupaten Bogor. Masjid Agung Baitul Faidzin di Komplek Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor pun akan menggelar salat Jumat lagi.

Pantauan detikcom, Jumat (5/6/2020) sekitar pukul 10.50 WIB, suasana di sekitar Masjid Agung Baitul Faizin masih sepi. Protokol kesehatan sudah disiapkan.

Terlihat di gerbang masuk sudah disediakan 1 bilik disinfektan dan 1 bilik pengukur suhu tubuh. Lalu ada 1 spanduk yang ditempel di gerbang masuk yang berisi pengumuman.

Isinya adalah pemberitahuan bahwa masjid telah dibuka lagi, jemaah wajib dalam kondisi sehat dan menerapkan protokol kesehatan, memakai masker, mencuci tangan, membawa sajadah sendiri, dan jaga jarak. Di pos security, disediakan hand sanitizer dan ada alat thermo gun untuk mengukur suhu tubuh.

Untuk di dalam masjid sendiri, karpet tidak dipasang. Sebuah tanda atau marka dengan lakban bewarna kuning sudah dipasang agar jemaah menjaga jarak saat melakukan ibadah.

Petugas Satpol PP terlihat berada di sekitar masjid untuk melakukan pengamanan.

"Ya kesiapannya protokol COVID kita siapkan. Termasuk jaga jarak, termasuk hand sanitizer disiapkan, termasuk pas (jemaah) masuk juga itu (sudah disiapkan) yang di bilik (gerbang masuk masjid) itu," kata Ketua DKM Masjid Agung Baitul Faizin H Wahyu Fahrudin, di Masjid Agung Baitul Faidzin di Komplek Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor, Jumat (5/6/2020).

Wahyu menambahkan Masjid Agung Baitul Faizin telah disemprot disinfektan. Kemarin dan tadi pagi sekitar pukul 07.00 WIB, Masjid Agung Baitul Faizin telah disemprot disinfektan oleh BPBD.

Masjid Agung Baitul Faidzin di Komplek Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor (Sachril Agustin Berutu/detikcom)Masjid Agung Baitul Faidzin di Komplek Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor (Sachril Agustin Berutu/detikcom) Foto: Masjid Agung Baitul Faidzin di Komplek Tegar Beriman, Cibinong, Kabupaten Bogor (Sachril Agustin Berutu/detikcom)

Dia mengaku senang karena masjid telah dapat diaktivasi kembali.

"Umat sekarang, walaupun new normal belum dilaksanakan tapi sudah rindu dengan masjid. Mudah-mudahan dengan salat Jumat ini nambah kebaikan lah bagi masyarakat dan umat Kabupaten Bogor," tandasnya.

Simak video 'Fatwa MUI soal Salat Berjamaah dan Jumatan Jelang New Normal':

(gbr/gbr)