Selama PJJ Berlangsung, Komisi X Minta Sekolah Siapkan Fasilitas Kesehatan

Tim detikcom - detikNews
Jumat, 05 Jun 2020 04:54 WIB
Hetifah Sjaifudian Golkar
Hetifah Sjaifudian (Foto: Dok. Pribadi)
Jakarta -

Pemerintah menetapkan bahwa 13 Juli mendatang adalah awal tahun ajaran baru, namun siswa tetap belajar dari rumah. Komisi X DPR RI berharap di masa tersebut dapat digunakan oleh sekolah untuk mempersiapkan fasilitas kesehatan.

"Selama pendidikan jarak jauh masih dilanjutkan, kesempatan ini harus digunakan untuk mempersiapkan segala fasilitas yang diperlukan sekolah. Dengan demikian, protokol kesehatan dipastikan bisa diterapkan dengan baik ketika kegiatan belajar-mengajar tatap muka dimulai kembali," ujar Wakil Ketua Komisi X, Hetifah Sjaifudian saat dihubungi, Kamis (4/6/2020).

Hetifah menyebut saat belajar di rumah, orang tua harus memperhatikan kondisi mental anak. Dia juga meminta pemerintah untuk menjamin fasilitas internet didapatkan siswa secara merata.

"Secara bersamaan, guru dan orang tua harus lebih cermat memperhatikan kondisi mental dan psikologis anak selama belajar di rumah. Carikan solusi bagi keluarga yang kesulitan mendampingi anak-anaknya belajar dari rumah karena harus kembali bekerja. Pemerintah juga harus menjamin akses internet tersedia untuk setiap keluarga secara merata," kata dia.

Sementara itu, Hetifah juga menyampaikan beberapa masukan kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim. Menurutnya, pembukaan sekolah harus ada kajian yang mendalam.

"Kebijakan pembukaan sekolah memerlukan kajian yang mendalam. Prioritas saat ini adalah untuk memastikan keselamatan siswa dan masyarakat, dan oleh karena itu penuntasan kurikulum sebaiknya tidak menjadi hal yang diutamakan," ungkapnya.

selanjutnya Selanjutnya
Halaman
1 2